Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan

3 min read

10 Kelakuan Menjengkelkan yang Merusak Pertemanan
10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan
10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan

Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan – Dalam pertemanan, sebaiknya kita memiliki sikap saling menghargai serta menolong, karena dengan hal tersebut membuat kita memiliki banyak teman.

Biasanya, ada saja beberapa masalah kecil maupun besar yang datang untuk menguji tingkat pertemanan.

Namun, ketika itu sudah menjadi kebiasaan, bukan tidak mungkin teman-teman yang dulu baik terhadap-mu justru berbalik arah membenci kamu.

Karena setiap orang memiliki batasan kesabarannya masing-masing, sifat mu yang buruk dan menyebalkan itu kelak dapat merusakan pertemanan-mu.

Sebagai mahluk sosial, kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendirian. Namun, terkadang itu lebih baik  dibandingkan memiliki teman yang punya kelakuan menjengkelkan bahkan hampir bisa dibilang “kurang ajar”.

Seperti apakah kelakuan menjengkelkan tersebut?

Yaps! Kali ini Tau Banyak akan merangkumkan 10 Kelakuan Menjengkelkan yang dapat Merusak Pertemanan, sebagai berikut:

1.Terlalu Sering Minta Maaf

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 1
Ilustration by: Tau Banyak

Memang sejak kecil kita diajarkan untuk meminta maaf setelah melakukan kesalahan terhadap orang lain, dan minta maaf adalah cara kita mengakui kesalahan serta berjanji tidak akan mengulanginya.

Namun, apa yang akan terjadi apabila kamu terlalu sering meminta maaf? Yaps! Tentu saja teman-mu akan menganggap dirimu hanya berpura-pura saja, karena seharusnya meminta maaf adalah hal yang spesial, jika kamu melakukannya terus-menerus, bukan tidak mungkin permintaan maaf-mu menjadi murahan, basi, dan sebagainya.

Alangkah baiknya, agar kita tidak salah bertindak atau gegabah dalam melakukan sesuatu, pastikan dulu kamu berpikir apakah kamu akan menyakiti perasaan teman-mu itu.

Jika kamu merasa teman mu tidak akan menyukainya, lebih baik tidak melakukannya, dan kamu terhindar dari masalah.

2.Suka Meminjam Uang Namun Sulit Ditagih

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 2
Ilustration by: Tau Banyak

Siapa sih yang tidak senang membantu kawan saat ia kesusahan, tentu kita dengan senang hati pasti akan menolong tanpa pamrih.

Namun, jika kamu punya teman yang punya hobi pinjam uang namun sulit saat ditagih, kamu pasti akan jengkel dan tidak akan memberi pinjaman kepadanya.

Belum lagi, terkadang meski naik darah menghadapi teman yang lebih galak saat ditagih hutangnya, dan terkadang kamu juga sangat membutuhkan uang tersebut untuk kebutuhan-mu.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui siapa saja yang pernah ia hutangi, lalu kamu dapat bertanya apakah ia mudah atau sulit saat di tagih. Dengan begitu, kamu dapat melihat resiko yang akan kamu dapatkan.

3.Senang kesana, Susah kesini

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 3
Ilustration by: Tau Banyak

Ini adalah salah satu kelakuan yang sebenarnya tidak pantas disebut teman, karena orang seperti itu hanya akan bermain ketika ia susah saja, namun ketika ia senang justru ia datang kepada yang lainnya tetapi kamu dilupakan olehnya.

Kamu justru hanya akan menjadi pelarian saat ia membutuhkan saja, dan bisa saja dalam hatinya tidak menganggapmu teman. Ia hanya akan menjadi benalu yang saat menjengkelkan, dan tidak perlu terlalu dekat dengan dia atau hanya sebatas kenal saja.

4.Membanding-bandingkan masalahmu dengan masalah dia

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 4
Source by : Mojok.co

Kamu pasti sangatlah kesal apabila saat kamu ingin membutuhkan teman untuk curhat tentang masalah-mu, namun teman yang menjadi pendengar tersebut malah mengungkit-ungkit masalahnya, dan menganggap masalah mu tidak ada apa-apanya dibandingkan masalah yang dia hadapi.

Kamu pasti menganggap dia telah meremehkanmu, dan mungkin saja kamu yang sebelumnya ingin melegakan pikiranmu dengan cara curhat, justru malah tambah emosi.

Dan yang kadang lebih menjengkelkan lagi, dia justru tidak memberikan kamu solusi tetapi menganggapmu cengeng, lebay, dan kekanak-kanakan.

5.Celamitan

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 5
Ilustration by: Tau Banyak

Celamitan atau lebih jelasnya lagi seseorang yang setiap temannya sedang makan, selalu saja minta walaupun kadang hanya sekedar mencicipi.

Kenapa celamitan akan membuat teman anda jengkel? Karena bisa saja, ia tidak ataupun belum menawarkanmu, juga bisa karena ia merasa terganggu saat ia sedang sangat lapar. Dan terakhir, bisa saja teman-mu itu kesal dengan sifat celamitan tersebut karena kamu justru tidak pernah inisiatif membeli, namun lebih suka/sering meminta makanannya.

6.Terlalu Kepo

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 6
Ilustation by: Tau Banyak

Kesel gak sih kamu, ketika kamu dicerca oleh banyak pertanyaan tidak berbobot, dan tidak seharusnya ditanyakan karena itu bukan hak teman-mu itu?

Belum lagi, ia bahkan bertanya layaknya polisi yang sedang mengintrogasi. Tentu saja hal itu sangatlah membuatmu pusing, serta jengkel.

Dan pertanyaan yang dilontarkan biasanya lebih ke hal yang private, sehingga orang lain tak seperlunya tahu. “Ke-kepo-an” dari temanmu itu justru akan mengusik mu.

Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini:

3 Alasan Konten Prank harus DiBanned!

Sestyc, Aplikasi Karya Anak Bangsa yang Mirip Instagram

7.Jam Karet

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 7
Ilustration by: Tau Banyak

Pastinya, kamu punya teman yang hobinya datang terlambat alias ngaret saat diajak ketemuan, dimana kalian semisal berjanji jam 4 sore, ia akan datang jam 6 bahkan hingga jam 7.

Biasanya, mereka dibenci oleh temannya karena terlalu banyak alasan, hingga dianggap tidak menghargai perjanjian.

Belum lagi, terkadang waktu sampai di tempat pertemuan untuk sekedar duduk ngopi, ataupun membahas hal lain, ia justru lebih banyak main handphone dibandingkan ngobrol dengan temannya.

Sifat ini biasanya sudah mendarah-daging kepada orang yang sering melakukannya. Tapi kamu meski menghilangkan sifat tersebut, karena jika kamu tidak menghilangkan kelakuan tersebut, kamu akan dianggap tidak bisa dipercaya.

8.Tidak Pernah Mau Kalah

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 8
Ilustration by: Tau Banyak

Sikap pantang menyerah memang bukan hal yang buruk, namun untuk perdebatan dalam hal sepele mungkin saja sikap tidak mau mengalah akan membuat kamu terlihat keras kepala.

Biasanya, orang yang memiliki sifat ini cenderung ngotot saat menyampaikan argumennya, dan merasa paling benar. Padahal, kalaupun kamu benar, dia juga belum tentu salah, hanya mungkin pandangan kalian berbeda dengan tujuan yang sama.

Sebaiknya, kelakuan mengjengkelkan ini harus dibuang jauh-jauh karena akan merusak pertemanan-mu.

9.Ngomongin Orang lain Dibelakang

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 9
Ilustration by: Tau Banyak

Mungkin kamu tidak langsung sadar saat teman ngobrolmu itu membicarakan keburukan orang lain, karena saat itu ia akan memakai beberapa cara agar kamu menyetujui omongannya.

Namun coba kamu pikirkan lagi, jika orang yang dibicarakannya adalah kamu, dan temanmu yang suka menjelek-jelekan itu, ternyata dibelakang membicarakan keburukan-mu kepada orang lain.

Karena biasanya, orang yang memiliki sifat ini cenderung selalu mencari kesalahan orang lain sekecil-kecilnya sebagai bahan gosipnya. Sebaiknya, jangan pernah ceritakan masalahmu kepadanya, karena ia justru akan menyebarkan masalahmu kepada orang lain demi bahan pembicaraan.

10.Suka/Sering PHP-in

10 Kelakuan Menjengkelkan Yang Bisa Merusak Pertemanan 10
Ilustration by : Tau Banyak

PHP atau kepanjangan dari “Pemberi Harapan Palsu”, adalah seseorang yang hobinya adalah mengingkari janji. Tipe teman seperti ini baiknya dibuang saja ke laut, karena sifat seperti ini sama saja merendahkan mu.

Kenapa PHP dapat merusak pertemanan? Yaps! Karena ini merupakan gambaran bahwa seseorang yang memberi harapan tau janji palsu, adalah orang yang terlalu banyak omong kosong, tidak dapat dipercaya. Seseorang yang sering terkena PHP akan muak dengan pertemanan seperti itu, dan akan menjauhi secara pelan-pelan.

Berikut adalah informasi dari kami tentang 10 Kelakuan Menjengkelkan yang dapat merusak Pertemanan. Apakah kamu pernah merasakannya, atau justru kamu memiliki sifat seperti poin-poin diatas?

Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *