Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak

3 min read

kreasi makanan
kreasi makanan
10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak

Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak – Untuk kamu yang memiliki anak balita, kamu pasti mengerti betapa sulitnya agar sang anak mau makan, apalagi makan sayur dan mencari cara mengatasi anak susah makan sayur. Padahal, sayur sangat kaya akan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak. Sangat disayangkan apabila di usia pertumbuhan ini, anak mengalami kekurangan gizi akibat kurang mendapat asupan sehat. Tetapi kamu tidak perlu cemas, karena ada beberapa cara mengatasi anak susah makan sayur, salah satunya adalah mengkreasikan makanan tersebut. Hal tersebut dapat menjadi alternatif bagi anak agar mau makan sayur. Berikut 10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak yang bisa kamu coba di rumah.

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak

Nugget Sayur

kreasi makanan nugget sayur
Nuggets Sayuran

Semua anak pasti sangat menyukai makanan siap saji atau istilah kerennya “fast food“. Selain memiliki rasa enak, anak-anak juga menyukai bentuknya yang menggiurkan. Namun, banyak sekali nugget-nugget instan yang terdapat di pasaran sangatlah tidak ramah bagi kesehatan anak-anak, karena bahan-bahan yang digunakan biasanya terdapat bahan kimia berbahaya seperti pengawet buatan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat juga lho membuatnya sendiri di rumah dan bahan bahannya yang diperlukan serta pembuatannya juga terbilang tidak ribet alias simpel. Seperti pembuatan nugget pada biasanya, kamu hanya perlu menambahkan beberapa sayuran seperti potongan wortel, bawang bombai, dan lainnya sesuai selera mu. Dan, nugget lezat nan bergizi pun siap kamu sajikan untuk sang anak.

Bakso Jamur Soun

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 1
Bakso Jamur Soun

Salah satu menu yang juga digemari oleh anak-anak adalah bakso. Bentuknya yang bulat-bulat, tentu merupakan salah satu faktor yang membuat bakso bisa membuat anak-anak nafsu makan. Agar lebih ramah terhadap anak, kamu dapat mengkreasikannya sendiri dengan bahan-bahan sayuran di rumah. Bahan-bahannya pun sama seperti pembuatan bakso yang biasa kita ketahui, kamu tinggal menambahkan Jamur dan Soun, untuk rasa yang lebih baik gunakan Jamur Kuping. Selain itu, bisa juga kamu menambahkan potongan kecil wortel yang selain membuat sehat juga menambahkan rasa dari Bakso Jamur Soun yang kamu buat.

Mie Bayam

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 2
Mie Bayam

Mie adalah makanan yang digemari banyak orang, terutama anak-anak. Bahkan, seringkali orang tua kesal karena sang anak lebih menyukai mie dibandingkan makan nasi. Namun kamu pasti tahu, bahwa mie instan yang banyak beredar di warung ataupun toko sebenarnya kurang sehat bagi anak, dan sangat tidak baik apabila dikonsumsi terlalu sering. Tapi jangan khawatir, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan alternatif. Tambahkan jus bayam hijau ataupun bayam ungu, warnanya yang menarik akan membuat anak-anak pasti lahap memakannya.

Kentang Goreng Wortel

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 3
Wortel Goreng

Seperti-nya kita pastilah tahu bahwa anak-anak memang tidak bisa jauh dari yang namanya Frozen Food, seperti kentang goreng. Untuk meng-akali hal tersebut, alangkah baiknya kamu membuatnya dan menggantinya dengan sayur wortel yang kamu potong keriting seperti kentang goreng yang biasa disajikan di restoran-restoran. Pembuatannya yang praktis serta mudah tentunya kamu bisa sering-sering menyajikannya kepada buah hati tercinta.

Keripik Sayur

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 4
Kripik dari Sayuran

Salah satu menu kreasi makanan alternatif dari sayuran untuk anak yang wajib kamu coba adalah Keripik Sayur. Rasa renyah membuat makanan ini menarik bagi anak-anak untuk menjadi cemilan sehat di rumah. Agar menjaga nutrisi yang terkandung tidak hilang, kamu tidak perlu merebus atau menggorengnya lagi. Untuk proses pembuatannya, kamu hanya perlu mencuci bersihnya, lalu memotong sayur hingga tipis dan mengeringkannya hingga tidak menyisakan air lagi, dan agar lebih sehat, kamu bisa memanggangnya menggunakan oven.

Lumpia Sayur

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 5
Lumpia Sayur

Lumpia Sayur merupakan salah satu cemilan sehat nan lezat dan pasti disukai anak-anak. Bahkan, si kecil pun pasti tidak akan sadar bahwa ia sedang makan sayur yang begitu banyak dalam isian Lumpia Sayur yang kamu buat. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan ini pun kaya sekali. Lumpia Sayur pun bisa kamu berikan kepada anak mu dengan menambahkan nasi hangat ataupun hanya sebagai cemilan sehat.

Jamur Goreng Tepung

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 6
Jamur Goreng Tepung

Cemilan satu ini bisa jadi alternatif untuk anak yang kurang suka makan sayur. Bentuknya menyerupai ayam goreng tepung yang dijual-jual direstoran cepat saji terkenal, warnanya yang coklat ke-emasan sangat menggoda selera. Sudah tentu, menu satu ini direkomendasikan sekali sebagai alternatif makanan untuk disajikan kepada sang anak dirumah dengan bahan-bahan yang menyehatkan.

Spagetti Saus Tomat

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 7
Spagetti Saus Tomat

Selain mie, spagetti juga merupakan salah satu alternatif jika sang anak bosan dengan mie bayam. Sausnya bisa dikreasikan dengan beberapa sayur-mayur segar seperti potongan tomat, wortel, brokoli, dan lainnya. Kamu pun bisa memasukan daging sapi atau ikan yang digiling ataupun cincang sebagai penambah cita rasa dan gizi pada masakan yang kamu buat.

Kue Bolu Wortel

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 8
Kue Bolu Wortel

Kreasi Makanan Alternatif dari sayuran yang wajib kamu coba adalah kue bolu wortel. Selain frozen food, Kue-kue manis sangat menarik bagi anak-anak. Nah, menu satu ini bisa jadi alternatif lainnya selain makanan gurih yang tadi disebutkan diatas. Kamu tidak perlu cemas akan gula yang terkandung pada adonan kue, karena wortel sendiri sudah memiliki rasa manis sehingga tidak perlu menggunakan banyak gula. Jadi, anak terhindar dari obesitas, dan kerusakan gigi.

Chai Kue/ Choi Pan

10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak 9
Chai Kue / Choi Pan

Jajanan Jadul/ Tradisional khas Kalimantan Barat ini hampir mirip dengan lumpia dan pastel, memiliki rasa yang lezat dan dengan isiannya bahan-bahan sayur-mayur seperti wortel, lobak, ataupun bengkoang. Pengolahannya dengan cara direbus dahulu, lalu bisa langsung disantap ataupun digoreng lagi. Dan ditambahkan oleh bawang putih goreng. Kudapan lezat dan sehat sangat cocok bagi buah hati kesayangan.

Demikianlah informasi tentang 10 Kreasi Makanan Alternatif Dari Sayuran Untuk Anak. Semoga bermanfaat bagi kamu.

Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *