10 Merk Barang KW Asal China Yang Bikin Geleng Kepala

Merk Barang KW asal China
10 Merk Barang KW asal China

10 Merk Barang KW asal China yang Bikin Geleng Kepala China merupakan salah satu negara yang dikenal luas akan produk-produknya yang tersebar hampir di seluruh dunia, tentu barang seperti elektronik, fashion, dan lainnya dapat kita temui di sekitar kita.

Bukan hal yang asing bagi kita apabila kita melihat kata “made in china” di setiap produk. Bahkan banyak perusahaan dunia yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dibalik itu, China dikenal pula dengan penghasil barang KW. Yaps! Mungkin kita pernah melihat Iphone HDC (Handphone Dari China), Yezzy KW, dan masih banyak lainnya.

Para oknum yang membuat barang imitasi atau tiruan tersebut memang menjadikan nama dagang atau merk produk tersebut sebagai cara agar produk mereka yang dijualnya laris.

Biasanya, barang KW diminati sebagian masyarakat menengah kebawah yang ingin terlihat keren dengan merk produk yang digunakannya, namun mereka tak mampu membeli barang asli atau original karena harganya yang mahal.

Namun sebagian oknum ada pula yang memplesetkan merk dagang yang populer di masyarakat dengan nama yang hampir mirip dengan merk tersebut.

Berikut beberapa merk barang KW asal China yang bikin kita geleng kepala:

10 Merk Barang KW Asal China Yang Bikin Geleng Kepala

1. Sepatu Abibas

Sepatu Abibas - taubanyak.com
Sepatu Abibas

Mungkin kita mengenal apparel yang mendunia dengan ciri khas garis tiga ini, tapi tidak disangka bahwa di China, ada oknum yang mencoba menjiplak produknya dengan logo yang sedikit diplesetkan.

Yaps! Produk ini bernama Abibas, mengganti huruf “D” pada Adidas dengan huruf “B” menjadi Abibas.

2. OFC

OFC - Tau Banyak
OFC

KFC adalah merk dagang asal Amerika Serikat yang populer dengan kelezatan Ayam Gorengnya.

Saking terkenalnya restoran cepat saji tersebut, beberapa oknum mencoba menjual produknya di pasaran menggunakan logo yang mirip dengan KFC.

Di China, ada restoran cepat saji yang memiliki nama OFC, namun logo yang digunakannya mirip dengan logo Perusahaan KFC, Logo yang terdapat gambar Kolonel Sanders tersebut diubah dengan gambar Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Mungkin sang pembuatnya ingin menunjukan bahwa OFC lebih eksekutif karena menggunakan gambar Presiden dibandingkan KFC yang menggunakan gambar seorang Kolonel.

3. iPhone

Sepatu iPhone
Sepatu iPhone

Biasanya, ketika kita mendengar kata Iphone, pasti gambaran yang ada di benak kita adalah gadget atau smartphone keren yang dikagumi hampir semua kalangan.

Namun di China, Iphone menjadi nama merk sebuah sepatu. Tak tanggung-tanggung, logo dan jenis font yang digunakan pun sama dengan Iphone yang kita ketahui.

Mungkin pertama kali kita melihatnya, kita akan berpikir “Sejak kapan Apple mengeluarkan produk sepatu?”.

4. Nokla

Nokla - Tau Banyak
Handphone Nokla

Handphone yang dulunya mendunia karena kehebatannya ini merupakan salah satu barang yang di coba untuk ditiru alias dibikin KW oleh China.

Jika kita lihat sekilas, Font yang digunakan hampir sama, bahkan huruf “L” pada merk Nokla hampir mirip dengan Nokia.

Di China, produk elektronik merupakan sasaran tiruan beberapa oknum untuk meraih banyak keuntungan.

5. Sepatu Mike

Sepatu Mike - Tau Banyak
Sepatu Mike

Rival dari Adidas pun tak luput dari barang KW asal China. Jika tadi Abibas, sekarang Nike diganti namanya alias diplesetkan menjadi Mike.

Desain logonya pun mirip sekilas, yaitu tanda yang menyerupai ceklis, namun ditengah dari logo ini ditambahkan puncak lancip mirip logo Adidas.

Mungkin sang pembuatnya ingin menyatukan rivalitas antara Nike dan Adidas

6. Guhe

Guhe - Tau Banyak
Guhe

China seolah tak membuat kita tercengang dengan barang tiruannya. Bahkan, air mineral pun mereka buat produk tiruannya.

Jika biasanya kita membeli air mineral bermerk Nestle, kita mungkin meski teliti jika membelinya saat berada di China, pasalnya ada sebuah produk yang mencoba menjebak pembeli air mineral karena desain botol dan desain gambar pada plastiknya sangat mirip dengan Nestle.

7. PZ3

PZ3 - Tau Banyak
PZ3

PZ3 adalah salah satu bukti kuat lainnya bahwa China merupakan produsen barang KW alias imitasi.

Jika biasa kita tau bahwa stick console game bermerk Sony, China punya PZ3.

Bentuknya pun serupa mirip, tapi tombol yang ada dalam sticknya sangat aneh dan rumit.

8. Roxana

Roxana - Tau Banyak
Deodorant merk Roxana

Mungkin kalau kita ingin membeli produk deodorant di China, kita harus benar benar jeli dalam melihat produk tersebut.

Karena di China, produk tiruan sangat banyak dan mirip sekali dengan produk aslinya.

Salah satunya adalah Roxana yang menjiplak merk deodorant terkenal, Rexona.

9. KatKot

KatKot - Tau Banyak
KatKot

Kitkat adalah merk produk snack coklat yang sangat digemari banyak orang didunia.

Namun, di China nyatanya produk mereka harus bersaing dengan produk yang menjiplak mereka dengan Packaging dan Desain yang hampir sama dengan produk Kitkat.

Karena mungkin saja, banyak orang yang tertipu saat ingin membeli Kitkat namun karena desain produknya sama mereka membeli Katkot.

10. Sunbucks Coffee

Sunbucks - Tau Banyak
Sunbucks

Anak anak milenial saat ini tentu tidak asing dengan merk dagang bernama “Starbucks”. Perusahaan kopi asal Amerika Serikat ini memang sangat digandrungi oleh anak muda.

Walaupun harga yang dijual agak mahal, namun produk dari Starbucks tetap menjadi primadona.

Mungkin ini yang membuat orang China terinspirasi untuk berjualan kopi yang sedang hits bagi kaum milenial, namun tidak punya saham untuk bergabung dalam perusahaan Starbuck Coffee.

Mereka pun membuat “Starbuck ala mereka” yang bikin kita berpikir begitu pentingnya kah nama besar sebuah merk dagang agar barang yang kita jual dapat laris di pasaran.

Dan, muncullah Sunbucks. Dengan logo yang hampir mirip konsepnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *