10 Merk Lokal Yang Seringkali Dianggap Buatan Luar Negeri

10 Merk Lokal
10 Merk Asal Indonesia Yang Sering Dianggap Buatan Luar Negeri

10 Merk Lokal Yang Seringkali Dianggap Buatan Luar Negeri – Pernahkah kamu mengira bahwa nyatanya SilverQueen merupakan merk luar negeri? Ternyata SilverQueen adalah merk lokal asal Indonesia.

Merk dagang merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pemasaran sebuah produk. Fungsinya adalah sebagai tanda agar para pembeli mengenali produk yang dipasarkan, serta alat promosi.

Banyak perusahaan yang membangun brand mereka dan bersaing dengan yang lain agar pembeli tahu perbedaan produk mereka dengan produk perusahaan lain. Sudah banyak sekali merk-merk yang terkenal karena kualitas produk yang dihasilkan. Dan beberapa produk dari merk lokal bahkan dikenal internasional hingga seringkali kita menganggap produk dari luar.

Mau tau merk lokal apa saja yang seringkali kita anggap sebagai buatan luar? Berikut informasinya:

10 Merk Lokal Yang Seringkali Dianggap Buatan Luar Negeri

1. Buccheri

BUCCHERI
Buccheri

Dari namanya saja mungkin saat pertama kali melihat merk ini, mungkin kita mengira Buccheri merupakan buatan luar. Namun, tahukah kamu bahwa Buccheri merupakan nama merk yang berasal dari Indonesia.

Produsen dibidang fashion ini biasanya dapat kita temui di beberapa mall di Indonesia, bahkan mancanegara. Berkantor di Jakarta Barat, Perusahaan ini dikenal luas akan produk-produk yang berkualitas.

2. SilverQueen

SILVERQUEEN
SILVERQUEEN

Nama ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, produk coklat ini biasa kita temui di supermarket supermarket kecil maupun besar. Coklat yang biasa kita beli saat duduk santai, bahkan saat valentine ini banyak yang mengira merupakan produk luar karena namanya yang ke-barat-baratan, serta iklan produknya yang menggunakan model luar negeri.

Perusahaan yang didirikan dari tahun 1950, dibawah naungan dari PT.Petra Food ini juga bekerja sama dengan Procter & Gamble di dunia yang juga mengelola Ceres dan Delfi.

3. Polygon

polygon
Polygon

Polygon merupakan perusahaan sepeda yang dikenal menawarkan rangkaian sepeda yang berkualitas dengan teknologi terdepan.

4. Tomkins

tomkins
Merk Sepatu Tomkins

Produsen sepatu ini mungkin banyak yang mengira buatan luar negeri, namun nyatanya Tomkins merupakan brand asli Indonesia yang diproduksi oleh PT. Primaindo Asia Infrastructure. Namanya yang ke barat-baratan serta iklannya yang seperti iklan-iklan produk luar membuat Tomkins seringkali dianggap buatan luar.

5. J.CO Donuts & Coffee

10 Merk Lokal Yang Seringkali Dianggap Buatan Luar Negeri 1
J.CO Donuts & Coffee

Merk donat dan kopi ini sangat mudah ditemui di beberapa tempat perbelanjaan. Pilihan donut dan kopi yang bervarian jadi alasan JCO sangat digemari, selain itu di gerai-gerainya juga terdapat tempat untuk bersantai, sehingga pengunjung bisa berlama-lama sambil menikmati donat dan kopi.

JCO merupakan perusahaan yang didirikan oleh pengusaha salon asal Indonesia, yakni Johnny Andrean. Dia terinspirasi dari kebiasaannya yang sering melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat saat itu ia gemar mencicipi berbagai donat khas Negeri Paman Sam tersebut. Setelah itu, ia mulai terinspirasi untuk menjalankan bisnis donat khas Amerika.

Baca Juga Artikel menarik lainnya:

10 Merk Barang asal China yang Bikin Geleng Kepala
7 Jajajan Jadul Era 90-an Yang Bikin Nostalgia
Cara Mengatasi Ketombe Menggunakan Gula

6. Excelso

10 Merk Lokal Yang Seringkali Dianggap Buatan Luar Negeri 2
Excelso

Waralaba kedai kopi ini mungkin kita menganggapnya merupakan buatan luar negeri, tapi tahukah kamu bahwa Excelso merupakan perusahaan yang memproduksi kopi instan dengan andalannya Kapal Api, ABC, dan Good Day. Memiliki 126 gerai yang tersebar di lebih dari 30 kota .

7. Johnny Andrean

JOHNNY-ANDREAN
Johnny-Andrean Salon

Selain JCO, Johnny Andrean terlebih dahulu membangun bisnis salon kecantikan di perantauan. Bisnis inilah yang merupakan bisnis awalnya. Didirikan pertama kali pada tahun 80-an bertempat di Jakarta Utara.

Memulai bisnisnya dari nol hingga memiliki tiga perusahaan yaitu JCO, Breadtalk, dan Johnny Andrean Salon, Johnny merupakan selaku pendiri sekaligus pionir pembentukan bisnisnya dari awal

8. League

League
League

Selain Tomkins, ada juga merk sepatu yang sering juga dikira buatan luar negeri, yaitu League. Produk produk fashion Indonesia sebenarnya memiliki kualitas yang sangat baik dan bahkan tidak kalah dengan produk-produk buatan luar negeri.

League merupakan brand sepatu jenis sport asli Indonesia yang didirikan dari tahun 2003 dibawah manajemen perusahaan retail Berca Retail Grup. Dirancang serta diluncurkan pada Februari 2004.

9. Hokben

Hokben
Hokben

Merupakan restoran cepat saji yang menyajikan makanan bergaya Jepang. Hokben merupakan nama baru dari Hoka-Hoka Bento, yang saat ini memiliki lebih dari 150 gerai yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatera. Arti nama hoka-hoka bento yang diambil dari bahasa Jepang yaitu “Makanan hangat dalam box”.

10. GT Radial

GT Radial
Ban Merk GT Radial

GT Radial mungkin agak sedikit asing bagi kaum awam, namun bagi orang yang mengenal dunia otomotif sudah tidak asing lagi dengan nama ini. GT Radial merupakan salah satu perusahaan pembuatan ban asal Indonesia. GT sendiri ternyata merupakan singkatan dari kata ”Gajah Tunggal”.

Perusahaan ini awalnya memproduksi ban luar dan ban dalam sepeda pada tahun 1951, lalu memperluas produk mereka dengan membuat variasi produk melalui ban sepeda motor, lalu ban bias untuk mobil penumpang, kemudian kini perusahaan ini mulai memproduksi ban radial untuk mobil penumpang dan truk.

Berikut merupakan informasi seputar 10 Merk Lokal yang seringkali dianggap buatan luar negeri oleh banyak orang. Dengan informasi di atas diharapkan pembaca makin mengetahui produk yang biasa mereka konsumsi merupakan produk buatan dalam negeri, sehingga membuat kesadaran akan penggunaan produk lokal. Terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *