Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan

4 min read

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan
10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan
10 Pekerjaan yang sering dianggap rendah, tapi ternyata sangat dibutuhkan.

Perhatian!!! Artikel ini tidak bertujuan untuk menggiring opini negatif mengenai pekerjaan seseorang, melainkan untuk membuka-kan mata dan hati nurani kita terhadap profesi setiap orang yang sama mulia, tanpa merendahkan martabat orang lain.

Sering Dianggap Rendah, Padahal Pekerjaan ini Sangat Dibutuhkan – Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus makan, dan untuk dapat  makan, manusia harus bekerja. Setiap orang memiliki keahliannya masing-masing, yang mungkin tak semua manusia sama. Sebagai manusia yang bermoral, kita seharusnya mengerti bahwa harta, uang, serta tahta, bahkan apapun itu secara duniawi tidak akan bisa kita bawa ketika mati kelak. Jadi, tak seperlunya kita terlalu bermegah diri alias sombong dengan pencapaian yang kita hasilkan karena semuanya itu hanya sementara. Selama pekerjaan tersebut halal, tak perlu malu karena omongon orang-orang yang merendahmu, kamu adalah pahlawan bagi mereka yang membutuhkan mu.

Di Indonesia sendiri, pekerjaan dianggap martabat/harga diri seseorang terutama laki-laki karena merupakan kepala keluarga. Setiap hari seseorang akan “banting tulang” untuk dapat makan sehari-hari bahkan untuk investasi masa depan.

Namun, tak jarang beberapa profesi atau pekerjaan banyak mendapat sorotan negatif karena dianggap rendah, entah karena tidak memerlukan syarat khusus seperti gelar akademik yang tinggi, maupun karena bekerja di tempat yang dianggap kotor serta “menjijikan” ataupun juga karena kurang bergengsi.

Pekerjaan berikut ini sering dipandang rendah, namun jasa yang mereka beri sangat penting.

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan

1. Cleaning Service

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 1
Berkat mereka, Toilet di Kantor atau Mall bersih demi kenyaman kamu.

Cleaning Service atau Petugas Kebersihan biasanya dapat ditemukan pada tempat-tempat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan lain-lain.

Beberapa orang masih mengganggap pekerjaan ini sebagai tingkat profesi paling rendah di perusahaan ( biasanya yang nganggap rendah itu sama-sama karyawan perusahaan ), tapi bayangkan jika kantor mu, ataupun mall tanpa ada Cleaning Service.

Yaps! Mungkin saja kamu harus bersusah payah membersihkan ruang kerja mu agar bersih, kamu tak akan melihat toilet bersih setiap hari, ataupun sekedar mencari orang yang mau diminta tolong membelikanmu makanan disaat kamu sibuk mengurusi pekerjaan-mu.

Jadi, hargailah mereka dan menjadikan mereka sebagai sasaran kemarahan anda.

2. Asisten Rumah Tangga

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 2
Sosok yang serba bisa, dan bisa dipercaya saat kamu sedang di luar rumah.

Asisten Rumah Tangga atau lebih dikenal sebagai Pembantu biasanya dapat ditemui pada beberapa keluarga yang memiliki kesibukan sehingga membutuhkan Pembantu yang dapat membantu menyelesaikan masalah rumah tangga seperti beres-beres, masak, mencuci pakaian, dan sebagainya.

Biasanya, pekerjaan ini diminati oleh para perantau dari daerah yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi sehingga sulit untuk bisa bekerja di perkantoran.

Gaji yang di tawarkan juga kadang masih jauh dari ketentuan pemerintah yaitu UMR, yang merupakan bukti bahwa profesi ini masih dianggap kurang bernilai.

Padahal, ART bisa meringankan pekerjaanmu di rumah setelah kamu lelah bekerja di kantor, dan ketika orang tua kamu tinggal jauh darimu, mereka tak perlu cemas bila kamu kelaparan karena ART yang kamu pekerjakan akan memasakan makanan.

3. Driver Ojek Online

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 3
Mas-mas ojol, yang rela antar kamu, paketmu, dan makananmu dalam segala kondisi

Salah satu pekerjaan yang sedang “naik daun” beberapa tahun ini adalah Driver Ojek Online, yang merupakan perkembangan dari Ojek Konvensional menjadi berbasis aplikasi.

Di Indonesia sendiri, Driver Ojek Online sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, seperti mengantar ke sekolah maupun kantor, mengantar makanan, hingga paket.

Namun mirisnya, masih banyak orang yang mengganggap rendah pekerjaan ini, contohnya yang baru-baru viral yaitu prank ojol, yang dimana merupakan bukti bahwa pekerjaan ini masih dipandang sebelah mata, padahal kalau dilihat dari segi pendapatan, Driver Ojek Online merupakan profesi dengan pendapatan yang cukup tinggi, sesuai tingkat penerimaan order.

Pekerjaan ini sangat membantu banyak masyarakat baik dari segi kemudahan transportasi, ekonomi, dan masih banyak laigi lainnya.

Baca juga artikel menarik lainnya dibawah ini:

Bikin kesel! 10 Kelakuan berikut dapat merusak pertemanan

Setuju banget! Kenapa Konten Prank harus DiBanned!

4. Petugas Kebersihan Kota

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 4
Kebayangkan kotornya lingkunganmu kalau mereka tidak ada.

Kalau di Jakarta biasanya kita mengenalnya dengan sebutan tim Orange yang di rancang oleh Gubernur DKI terdahulu, mereka adalah pahlawan masyarakat dalam mengatasi permasalahan sampah maupun banjir, mereka juga tidak segan masuk kedalam gorong-gorong untuk membersihkan sampah yang tersumbat.

Mereka juga tidak pernah lelah membersihkan sampah yang berserakan dijalan, tempat konser, dan masih banyak lagi.

5. Satpam

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 5
Orang yang Rela Bergadang saat kamu Tidur Lelap demi Keamanan bersama.

Sama seperti Polisi, Satpam adalah profesi yang bertugas untuk melayani masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketentraman suatu wilayah.

Mereka yang akan membantu kamu ketika kamu ada masalah seperti terjadi kehilangan, pencurian, maupun sekedar bertanya informasi alamat sekitar.

6. Kuli Bangunan

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 6
Rumah kamu bukan tanaman yang bisa tumbuh dengan sendirinya.

Kuli Bangunan memang tidak berperan merancang sebuah desain bangunan seperti hal-nya arsitek ataupun menghitung fondasi dasar dan kekuatan dari fondasi seperti seorang lulusan teknik sipil, namun tanpa adanya mereka yang rela berpanas-panasan membantu menggarap bangunan tersebut, tentu saja bangunan yang sudah dirancang tidak akan te-realisasi-kan bukan?

7. Juru Parkir

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 7
Mas-mas yang selalu menjaga kendaran mu saat parkir

Tidak jarang banyak yang kesal dengan para Juru Parkir karena banyak oknum nakal yang meminta uang parkir seenak jidat, ataupun yang hanya muncul meminta uang parkir ketika kendaraan ingin keluar saja.

Namun, juga terdapat para Juru Parkir yang bekerja sepenuh hati menjaga kendaraan serta membantu anda memarkirkan kendaraan hingga, membantu anda keluar dari gedung parkir menuju jalan raya. Tanpa mereka, mungkin kamu akan mengalami beberapa kesulitan dalam memarkirkan di tempat  sempit.

8. Petani

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 8
Jangan buang-buang nasi ya… mereka susah payah menanamnya.

Banyak orang yang memandang profesi sebagai Petani adalah pekerjaan kuno dan membosankan. Hal ini dapat kita buktikan dengan banyaknya orang yang menginginkan cita-cita menjadi seorang Petani, mungkin sekarang sangat sulit ditemui, karena maraknya perkembangan teknologi.

Tapi, tanpa petani yang rela turun ke sawah untuk bercocok tanam, kamu tak akan pernah merasakan makan nasi yang merupakan sumber karbohidrat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.  

9. Tukang Tambal Ban

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 9
Rasanya bahagia kalau ban motormu lagi bocor, dan di depanmu ada dia.

Tukang Tambal Ban adalah salah satu profesi yang banyak kita jumpai di pinggir jalan, biasanya dalam bentuk bengkel maupun tempat petakan dengan ciri khas kompresor angin yang diletakan didepan. Pekerjaan ini seringkali dipandang sebelah mata, karena meski kotor-kotoran dan pendapatan yang tak menentu, tergantung dari berapa motor yang datang untuk diperbaiki.

Namun, dalam situasi tertentu, Tukang Tambal Ban adalah pahlawan saat motor mu mengalami kebocoran ban, yang dimana jika tidak ada Tukang Tambal Ban tersebut, kamu meski mendorong motor mu jauh.

10. Costumer Service

10 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah, Padahal Sangat Dibutuhkan 10
Mbak-mbak yang Tetap Sabar, dan Membantu Mencarikan kamu Solusi atas Masalahmu.

Costumer Service adalah pekerjaan yang juga sering dianggap rendah karena tidak mengharuskan seseorang tersebut memiliki gelar sarjana, maupun latar belakang akademik yang khusus. Namun  jangan salah, pekerjaan sebagai Costumer Service bukan hal yang mudah dikerjakan.

Para pekerja yang terjun pada profesi ini dituntut untuk memiliki kecerdasan emosional, dan kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat berhadap langsung costumer yang memiliki banyak sifat.

Mereka juga terkadang meski sabar dalam menghadapi caci & makian pelanggan, dan tetap ramah dalam situasi apapun. Serta dibutuhkannya kecepatan dan ketepatan dalam penyelesaian masalah costumer.  

Jadi, apapun pekerjaan yang kamu kerjakan dengan halal dan sepenuh hati, itu adalah pekerjaan yang mulia. Tetap semangat dan semoga sukses.

Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *