Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia

4 min read

10 Wabah Virus Mematikan Yang Mengancam Dunia
10 Wabah Virus Mematikan Yang Mengancam Dunia
10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia

10 Wabah Virus Mematikan – Mungkin kamu sudah sering mendengar kata Virus, biasanya kata ini sering dihubungkan dengan sesuatu yang berbau penyakit, berbahaya, dan menular.

Lebih jelasnya, Virus merupakan mikro-organisme patogen yang dapat menginfeksi sel dari suatu mahluk hidup, seperti manusia salah satunya. Virus dapat berkembang atau mereplika diri di dalam sel mahluk hidup karena virus tidak mampu bereprosuksi sendiri.

Karena dapat memanipulasi mekanisme sel induknya agar dapat be-reproduksi, virus menjadi sangat sulit dibunuh. Untuk metode pengobatannya sendiri yang paling efektif sejauh ini adalah vaksinasi, yaitu merangsang kekebalan alami tubuh terhadap proses infeksi, dan obat-obatan yang mengatasi gejala akibat virus.

Akhir-akhir ini, virus Corona merupakan salah satu wabah virus yang sedang merambat di dunia. Corona sendiri merupakan virus yang menjadi penyebab infeksi pada saluran pernafasan.

Di Indonesia sendiri, baru-baru ini Pemerintah RI telah mengumumkan terdapat dua kasus yang teriinfeksi virus ini. Untuk kasus di dunia, jumlah kematian karena virus ini adalah lebih dari 3.000 kasus dengan kasus terinfeksi lebih dari 89.000.

Corona hanyalah satu dari segelintir wabah mematikan, menurut sejarah dunia dijelaskan ada beberapa wabah mematikan lainnya yang pernah mengancam kehidupan manusia.

Kali ini Tau Banyak akan merangkum 10 wabah tersebut, berikut informasinya :

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia

1.HIV/AIDS

HIV Merupakan salah satu dari beberapa virus yang paling banyak memakan korban jiwa. Selain itu, virus ini masih eksis hingga saat ini.
HIV/AIDS, Image Source by: Beritasatu

Wabah ini adalah salah satu wabah yang masih terjadi saat ini. Virus ini ditemukan/diidentifikasi pertama kalinya oleh para Ilmuwan pada tahun 1984.

Pengidap yang terinfeksi virus ini tidak terlihat langsung gejala-gejala berat. Dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga virus HIV dapat berkembang menjadi kondisi AIDS.

Gejala awal yang muncul saat terinfeksi HIV antara lain, Demam,Kelelahan, dan Nyeri pada otot dan kelenjar getah bening. Virus ini menular melalui darah, hubungan seksual, dan saat proses kehamilan (dari ibu ke bayi).

Meskipun begitu, kamu tidak perlu takut untuk berinteraksi sosial terhadap para pengidap HIV, karena virus ini tidak menular melalui air liur, sentuhan kulit, dan penyebaran nyamuk.

Menurut data WHO, HIV telah merenggut lebih dari 32 juta jiwa. Di samping itu, terdapat sekitar 37,9 juta orang yang masih hidup dengan HIV pada akhir 2018. Obat untuk melawan virus ini sampai sekarang bahkan belum ditemukan, walaupun banyak negara maju yang sudah mencoba mencari penawarnya.

2. SARS

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 1
SARS, Image Source by: SehatQ

Pada tahun 2002 lalu, dunia dihebohkan dengan wabah yang muncul pertama kali di Guangdong, China. Lalu menyebar dengan sangat cepat ke Hongkong, dan Vietnam, lalu ke negara lain melalui wisatawan internasional.

Akibat wabah SARS, terdapat setidaknya 8.098 kasus terjangkit virus ini di berbagai negara. Untuk jumlah korban meninggal, setidaknya ada 774 orang kehilangan nyawa akibat wabah ini. Wabah SARS berakhir pada pertengahan tahun 2003.

3. Ebola

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 2
Ebola Afrika, Image Source by: Republika

Virus Ebola adalah salah satu wabah paling mematikan yang terjadi di Afrika Barat pada tahun 2014. Bahkan hanya sekitar 10 persen penderita wabah virus ini yang bisa selamat. Pada Agustus 2014 hingga Maret 2016, ditemukan kira-kira 30.000 orang terinfeksi virus Ebola, dan menewaskan sekitar 11.000 orang.

Bahkan saking ganasnya, WHO sampai-sampai menetapkan penyakit ini sebagai “Global Health Emergency“, seperti hal flu babi yang terjadi pada tahun 2009.

Baca Juga Artikel Menarik lainnya:

Banyak yang Belum Tau! Bahaya Aplikasi Tiktok

Terungkap! Ternyata Gula Bisa Menghilangkan Ketombe

4. Zika

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 3
Zika, Image Source by: Population Reference Bureau

Seperti hal nya wabah Ebola, WHO juga menetapkan virus Zika sebagai Global Health Emergency pada tahun 2016. Zika adalah penyakit yang ditularkan dari nyamuk, dan dapat menyebabkan cacat lahir seperti mikrosefali. Virus ini diperkirakan telah menginfeksi lebih dari tiga hingga empat juta orang dalam kurun waktu setahun.

Virus ini membuat Brazil yang menjadi negara dengan banyak pengidap wabah ini mengumumkan status darurat virus.

5. Flu Spanyol

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 4
Flu Spanyol, Image Source by: Liputan6

Flu Spanyol adalah salah wabah penyakit yang muncul setelah saat itu dunia sedang berupaya pemulihan akibat Perang Dunia Pertama. Imbas dari Flu Spanyol sendiri bahkan menjangkau tempat-tempat terpencil.

Walaupun nama wabah ini Flu Spanyol, namun nyatanya virus ini bukan berasal dari Spanyol, tapi muncul pertama kali di Kansas, Amerika Serikat.

Sebanyak 50 juta orang harus kehilangan nyawa akibat wabah yang terjadi sepanjang 1918-1919. Terdapat 25 juta kematian dilaporkan terjadi dalam 25 minggu pertama wabah ini.

Namun Ajaibnya, hanya dalam waktu satu tahun saja, wabah Flu Spanyol ini hilang secara tiba-tiba dari dunia. Sampai saat ini, bahkan belum ada yang bisa menjelaskan “mujizat” ini.

6. Kolera

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 5
Kolera, Image Source by: Dokter.id

Kolera adalah penyakit diare akibat infeksi bakteri Vibrio cholerae. Penyakit ini dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Kolera sendiri menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri.

Pada tahun 2010, Haiti menjadi negara yang diserang oleh wabah ini dengan korban tewas 10.000 orang yang menyebabkan negara ini lumpuh setelah sebelumnya terjadi bencana gempa bumi pada negara tersebut.

Setelah bertahun-tahun, WHO mencatat bahwa Kolera pada tahun 2017 menginfeksi penduduk Yaman, dan menjadi Wabah Kolera terburuk di dunia. WHO mengatakan bahwa terdapat 10.000 kasus kolera baru yang terjadi setiap minggu. Total sudah mencapai 1,2 juta pasien sejak pertama kali mewabah, dengan korban jiwa sebanyak 2.515 orang, yang dimana sekitar 30 persen korban meninggal adalah anak-anak. 

7. Wabah Hitam

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 6
Black Death atau Wabah Hitam, Image Source by: Boombastis.com

Black Death atau Wabah Hitam yang saat itu melanda Eropa di tahun 1347 hingga 1351 merupakan salah satu wabah paling mengerikan yang pernah mengancam dunia.

Diperkirakan terdapat 75 juta jiwa. Sangat banyak bukan? Jumlah korban akibat virus ini bahkan lebih banyak 7 kali lipat jika dibanding dengan penduduk Jakarta saat ini.

Pada masa itu populasi penduduk Eropa bahkan berkurang sepertiganya dalam waktu empat tahun. Nama wabah ini diambil dari bercak-bercak hitam yang ditemukan pada pelaut yang sampai di pelabuhan Sisilia, yang dimana mereka membawa penyakit itu dari perjalanan mereka di Asia.

Sebelumnya, banyak yang mengatakan bahwa wabah ini disebarkan oleh tikus, yang dimana seperti serangkaian wabah yang melanda Eropa pada abad 14 dan 19 yang disebarkan oleh tikus dan kutu-kutunya.

8. Wabah Yustinianus

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 7
Wabah Yustinianus, Image Source by: Kumparan

Mundur ke masa lampau, yakni tahun 541-542 terdapat wabah besar yang muncul menyerang Kekaisaran Romawi Timur, dan menewaskan kira-kira 25 juta orang.

Dipercaya bahwa penyakit ini dibawa dan ditularkan melalui tikus yang naik ke kapal pengangkut gandum asal Mesir.

Wabah penyakit ini menyebar dengan sangat cepat ke seluruh wilayah kekaisaran, yang bahkan Sang Kaisar pada saat itu memimpin, yaitu Kaisar Yustinianus I pun tertular penyakit ini. Nama sang Kaisar tersebut lalu diambil sebagai nama dari wabah tersebut.

Kaisar Yustinianus sendiri mampu bertahan hidup dari wabah tersebut. Namun, diduga bahwa ketika wabah tersebut berakhir, 40 persen penduduk kota Konstantinopel tewas. Bahkan menurut Sejarahwan, ada satu masa dimana korban yang jatuh mencapai lima ribu orang dalam sehari.

Para peniliti menduga bahwa wabah ini adalah wabah pes pertama yang tercatat.

9. The Great White Plague

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 8
The Great White Plague, Image Source by: Pinterest

The Great White Plague atau TBC (Tuberculosis), adalah salah satu wabah penyakit menular yang melanda daratan Eropa pada abad ke-17. Wabah ini bertahan sangat lama sampai dengan 200 tahun bahkan dapat dikatakan hingga saat ini. TBC merupakan penyebab kematian terbesar pada tahun 1950.

Salah satu penyebab penyebaran wabah ini adalah lingkungan yang buruk atau kumuh membuat jumlah korban semakin banyak. Pada tahun 1900, tercatat sekitar 110.000 penduduk Amerika yang meninggal karena wabah ini.

10. Coronavirus

10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia 9
Corona, Image Source by: Suara.com

Wabah Virus yang saat ini sedang banyak diperbincangkan adalah Coronavirus. Pertama kali dideteksi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember tahun 2019 setelah beberapa orang mengalami pneumonia tanpa sebab yang jelas, serta prosedur perawatan dan pemberian vaksin yang tidak efektif.

Kemunculannya diduga ada hubungannya dengan pasar grosir makanan laut Huanan yang menjual hewan hidup.

Saat ini, pemerintah Tiongkok sudah mengupayakan pembangunan rumah sakit khusus di Wuhan hanya dalam kurun waktu 9 hari saja. Bahkan, Pemerintah Tiongkok sekiranya menghabiskan dana sebesar US$ 62 Miliar atau jika dirupiahkan sebesar Rp 850 Triliun.

Menurut data yang dirilis oleh Global Initiative on Sharing All Influenza Data atau disingkat The GISAID , tercatat penyebaran Coronavirus sudah sampai ke 65 negara, termasuk Indonesia.

Saat ini, semua negara memperketat keamanannya demi memperkecil kemungkinan penyebaran virus Korona, seperti mengeluarkan peringatan perjalanan ke Wuhan, Hubei, dan Tiongkok.  

Berikut tadi adalah informasi mengenai 10 Wabah Virus Mematikan Yang Pernah Mengancam Dunia, Mengerikan Sekali Bukan? Tapi jangan panik dan tetap waspada, serta rajinlah menjaga kesehatan agar tubuh tidak mudah terserang virus. Terima Kasih.

Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *