Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

3 Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi

2 min read

Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi
3 Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi 1
3 Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi – Tau Banyak

Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi – Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan saat ingin menyalin teks pada website ke program pengolah kata seperti Microsoft Word, ataupun lainnya karena website/situs yang kamu jelajahi ternyata terproteksi sehingga kamu tidak bisa copy-paste.

Padahal, kamu sudah menemukan artikel yang menurut kamu pas dan cocok dengan kebutuhanmu. Kejadian seperti ini terkadang membuat kamu jengkel sekali bukan? Kamu pun pasti bingung harus melakukan apa.

Seperti yang kita semua ketahui, saat ini Internet merupakan sumber pengetahuan digital yang paling lengkap/komplit dengan menyimpan banyak sekali artikel didalamnya.

Berbondong-bondong orang menjelajahi internet untuk mencari informasi dan sudah bukan hal yang aneh jika manusia modern menganggap internet sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

Adapaun demi menjaga hak cipta karya, beberapa situs menjaga karya tulisnya agar tidak disalah-gunakan oleh pihak-pihak tertentu dengan cara memproteksinya.

Namun, ada beberapa cara agar kamu dapat mengatasi masalah tersebut.
Berikut kami informasikan beberapa cara untuk menyalin konten artikel pada website yang terproteksi:

3 Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi

Beberapa situs secara cuma-cuma membebaskan kamu untuk menyalin konten artikel mereka dengan beberapa syarat. Namun, beberapa yang lain memproteksi konten artikel mereka agar tidak bisa ambil sembarangan atau tanpa izin dari pemiliknya.

Menonaktifkan JavaScript

Mematikan/Menonaktifkan dukungan JavaScript
Mematikan dukungan JavaScript

Pada umumnya, proteksi pada konten artikel di website yang dikunjungi/jelajahi menggunakan JavaScript. Untuk itu kamu hanya tinggal menonaktifkan dukungan JavaScript pada browser yang kamu gunakan. Setiap/Masing-masing Browser pasti mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengaktifkan maupun menonaktifkan dukungan JavaScript, seperti berikut:

  • Untuk kamu yang menggunakan Google Chrome, Pertama buka Settings, dan cari Privacy Settings dan klik.
  • Kedua, klik Advanced di bagian yang paling bawah. Lalu di kategori Privacy & Setting > Content Setting.
  • Langkah Terakhir, cari pilihan JavaScript dan pilih “Blocked” atau pada opsi Block tambahan situs yang tulisannya disalin.

  • Untuk Mozilla Firefox seri 31 keatas, pada kolom address bar ketik “ about:config
  • Lalu pilih “ I’ll be carefull. I Promise ” atau “ Saya terima resikonya “.
  • Dan, pada kolom pencarian cari “Javascript.enabled” kemudian klik dua kali untuk menonaktifkannya.

Sangat Mudah bukan?

Menggunakan Browser Extension/Plugin

Browser Extension adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah dalam menyalin tulisan pada website yang terproteksi
Menggunakan Browser Extension

Cara lain paling mudah untuk menyalin artikel pada website yang terproteksi adalah dengan cara meng-install Browser Extension pada Google Chrome / Plugin pada Mozilla Firefox.

Buat kamu yang belum mengerti apa itu Browser Extension/Plugin, bisa dikatakan ini merupakan mini-App / aplikasi kecil untuk Google Chrome/Mozilla Firefox yang bisa memberikan kamu fitur tambahan pada browser. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus menginstallnya terlebih dahulu.

Untuk Browser Extension yang akan kami rekomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut adalah “Allow Select and Copy” dan “Absolute”, kamu bisa memilih salah satunya. Kamu bisa mencarinya di Google Web Store, lalu klik mengunduh / download, dan jika Extenstion sudah terdownload, kamu tinggal install dan langsung gunakan.

Untuk Plugin/Pengaya pada Mozilla Firefox, kamu bisa menggunakan PluginEnable Right Click and Copy”. Caranya, klik opsi Firefox di pojok kanan atas, lalu pilih Plugin/Pengaya, kemudian scroll hingga bawah dan klik “More Plugin” atau “Lihat Lebih Banyak Pengaya”, Selanjutnya kamu cari “Enable Right Click and Copy” dan terakhir klik “Tambahkan ke Firefox”.

Menggunakan Situs Proxy

3 Cara Menyalin Tulisan Pada Konten Website yang Diproteksi 2
Menggunakan Proxy

Opsi ini hampir mirip dengan cara menonaktifkan dukungan JavaScript. Situs Proxy yang digunakan adalah situs proxy yang memberikan kita fitur penonaktifan JavaScript, seperti fakeip.org, hidemyass.com dan masih banyak lagi. Apabila kamu mengakses website yang terproteksi oleh JavaScript menggunakan situs proxy, maka kamu dapat menyalin teks pada konten artikel di website tersebut.

Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu gunakan untuk menyalin tulisan pada konten website yang terproteksi. Saran kami agar tidak melanggar hak cipta sang penulis alangkah baiknya kamu sedikit memodifikasi tulisan pada artikel yang kamu salin. Semoga artikel ini membantu kamu dalam mengatasi masalah kamu, dan menambah wawasan kamu. Jangan lupa share dan comment dibawah. Terima Kasih. Sampai bertemu di artikel lainnya

Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *