Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

5 Teknik Angle Dalam Fotografi

2 min read

5 Teknik Angle Dalam Fotografi
5 Teknik Angle Dalam Fotografi
5 Teknik Angle Dalam Fotografi, Photo by Jakob Owens on Unsplash

5 Teknik Angle Dalam Fotografi – Dalam dunia fotografi, kita harus tau terlebih dahulu teknik pengambilan gambar. Sangat berpengaruh sekali pengambilan gambar atau Angle untuk menghasilkan karakter gambar yang kita inginkan. Teknik ini merupakan dasar bagi seseorang yang ingin terjun ke dalam dunia fotografi.

Namun sebelum itu, apasih yang kamu ketahui tentang Angle?

Yaps! Angle Fotografi merupakan sudut pengambilan foto dengan cara menekankan posisi kamera pada situasi tertentu dalam memotret objek. Bila sebuah objek lebih menarik jika dibidik dengan Angle tertentu, belum tentu akan menarik jika dipotret dengan Angle lainnya. Dalam dunia fotografi, terdapat 5 macam sudut pengambilan gambar (angle) yang umum digunakan , yaitu:

5 Teknik Angle Dalam Fotografi

1. Eye Level

5 Teknik Angle Dalam Fotografi 1
Photo by Jean Carlo Emer on Unsplash

Eye Level merupakan teknik pengambilan gambar yang paling umum atau sering digunakan oleh banyak orang. Pada teknik pengambilan gambar ini, lensa kamera dibidik sejajar dengan tinggi objek. Posisi serta arah kamera memandang objek yang akan dipotret seperti hal nya mata kita melihat objek secara biasa.

Teknik pengambilan Angle ini kebanyakan untuk memotret manusia dan aktifitasnya (Human Interest), seperti potret menonton konser, keramaian di pasar, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Low Angle

5 Teknik Angle Dalam Fotografi 2
Photo by Clark Van Der Beken on Unsplash

Low Angle atau sudut pengambilan gambar dari kamera lebih rendah dibandingkan dengan objek. Pada Angle ini akan memberikan kesan atau karakteristik gagah, mewah, kuat pada sebuah objek yang dibidik.

Sudut pandang pemotretan ini sering juga diterapkan pada fotografi cityscape, contohnya pada foto gedung-gedung penacakar langit.

3. High Angle

5 Teknik Angle Dalam Fotografi 3
Photo by thiago japyassu on Unsplash

High Angle adalah kebalikan dari Low Angle, jika Low Angle mengambil gambar dari sudut kamera yang lebih rendah dari objek, pada High Angle kamera diposisikan lebih tinggi dari objek, sehingga memberi kesan kecil dari objek yang difoto.

Dengan Angle ini, kita dapat memasukkan elemen-elemen pendukung komposisi ke dalam frame. Penerapannya bisa juga diterapkan pada foto pemandangan (Landscape).

Baca Juga Artikel Menarik lainnya:

Cara Menambahkan Effect Slow Motion & Zoom In-Out Pada Filmora

4. Frog Eye View

5 Teknik Angle Dalam Fotografi 4
Source by: Loop.co.id

Teknik Angle Fotografi ini hampir mirip dengan Teknik Low Angle, yaitu sudut pengambilan gambarnya atau kamera berada rendah. Perbedaannya adalah tingkat kerendahannya yang lebih extreme, yaitu kamera menyentuh dengan tanah. Sehingga saat menggunakan angle ini terkadang fotografer harus berani tiarap pada saat mengambil gambar.

Pada pemotretan dengan angle ini kamera disejajarkan dengan tanah. Angle ini biasanya digunakan untuk objek yang posisinya di atas tanah.

Pada intinya sudut pengambilan gambar dalam fotografi adalah merupakan kreatifitas dari fotografer. Perlu kreatifitas dan mata yang jeli dari fotografer dalam melihat objek, untuk menghasilkan foto atau gambar yang bagus.

5. Bird Eye View

5 Teknik Angle Dalam Fotografi 5
Photo by invisiblepower on Unsplash

Jika kita lihat sekilas teknik Bird Eye View hampir sama dengan High Angle, yang mengambil gambar dari sudut ketinggian. Namun, kedua angle ini memiliki perbedaan yang cukup spesifik, yaitu Bird Eye Angle lebih detail. Bird Eye Angle juga memberikan kesan atau karakteristik yang melebar dan tidak memfokuskan pada suatu objek tertentu.

Nah, Biasanya teknik Bird Eye Angle ini dipakai saat mengambil gambar Landscape atau Cityscape yang diambil dari ketinggian.

Nah, berikut informasi tentang 5 Teknik Angle atau Sudut Pengambilan Gambar Dalam Fotografi yang penting sekali untuk kamu yang ingin mempelajari dunia Fotografi, masih ada banyak lagi teknik fotografi yang harus dipelajari lagi. Intinya, harus selalu berani mencoba hal baru, tidak takut gagal, mengevaluasi, dan jangan bosan untuk belajar. Karena seperti pepatah “Jika kamu ingin mengambil mutiara, kamu harus terjun ke laut dalam” artinya jika kamu ingin sukses dalam satu bidang, kamu harus mendalami bidang tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, jangan lupa share and comment kepada yang lain, agar informasi ini dapat lebih bermanfaat lagi. Terima Kasih.

Asa Ignatius Gausah lari, jalan aja. Karena hidup itu soal perjalanan bukan pelarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *