9 Fitur Terbaru Pada Android Q

9 fitur terbaru pada android q
9 Fitur Terbaru Pada Android Q

9 Fitur Terbaru Pada Android QAndroid merupakan salah satu Operation System paling banyak digunakan selain iOS, Windows, dan lainnya. Sudah banyak versi yang dikeluarkan oleh Android dari awal mula hingga sekarang.

Google baru-baru ini sedang merancang versi terbaru dari sistem Android yang mungkin tak lama lagi akan dirilis. Untuk penamaan OS terbaru ini ialah Android Q.

Tidak seperti pada seri-seri sebelumnya yang menggunakan nama-nama dessert, Google mungkin sadar karena penamaan dengan nama dessert pada seri mereka justru malah tidak dimengerti oleh para penggunanya.

Selain nama, Sistem Android Q pastinya akan memiliki beberapa fitur terbaru yang layak kita nantikan. Berikut Ulasan dari kami:

9 Fitur Terbaru Pada Android Q

1. Fitur Support 5G

Support 5G - Tau Banyak

Pada seri Android Q, Google tidak ketinggalan memberi fitur penting dengan mendukung jaringan generasi kelima alias 5G, yang dimana jaringan 5G menawarkan kecepatan internet yang tinggi dibanding jaringan generasi sebelumnya. Keren bukan?

2. Fitur Batalkan Pencopotan Aplikasi

Undo Uninstall App - Tau Banyak

Mungkin fitur berikut sangat berguna bagi pengguna yang teledor atau tidak sengaja mencopot aplikasi yang sebenarnya tidak ingin kita copot. Google menghadirkan fitur ini pada seri Android Q, dimana penggunanya dapat membatalkan proses pencopotan aplikasi yang baru saja mereka lakukan.

Terdapat tombol “Undo” pada layar ketika pengguna sedang menghapus aplikasi, namun hanya untuk beberapa menit saja. Jadi, untuk kamu yang tak sengaja melakukan pencopotan aplikasi, sebaiknya harap lebih cepat mengklik tombol “Undo”.

3. Fitur Berbagi Jaringan Wi-fi dengan QR Code

SHARE WIFI NETWORK WITH QR CODE

Sebenarnya fitur yang satu ini hampir mirip dengan yang dimiliki oleh Xiaomi, dimana fitur ini mempermudah pengguna dalam hal berbagi jaringan Wi-fi. Pengguna tidak perlu lagi memasukan password dan hanya perlu men-scan QR Code. Fitur ini dapat ditemukan pada pengaturan Wi-fi, dimana akan ada ikon QR Code dengan tulisan “Share” dibawahnya.

4. Fitur Parental Controls

parental control - Tau Banyak

Bagi para orang tua yang memiliki anak, fitur ini sepertinya sangat membantu sekali dalam hal mengawasi penggunaan gadget pada anak. Fitur Parental Controls ini dapat mengontrol waktu pemakaian smartphone, Jadi orang tua membatasi waktu saat anak-anak sedang bermain game atau aplikasi lainnya pada smartphone, dan jika waktunya sudah lewat dari batas waktu yang diberikan orang tua, aplikasi tidak lagi dapat digunakan.

5. Fitur Kontrol Notifikasi Lebih Baik

9 Fitur Terbaru Pada Android Q 1

Dalam hal penyederhanaan pengaturan terkait notifikasi, pada Android Q terdapat dua opsi berbeda, yaitu Alerting dan Silent, yang akan muncul saat pengguna menekan dan menahan notifikasi. Dimana Alerting akan memunculkan suara, sedangkan Silent sebaliknya. Fitur ini membantu pengguna agar tidak perlu susah-payah membuka pengaturan untuk men-costum suara notifikasi.

6. Fitur Pengaturan Privasi Yang Lebih Baik

privacy setting - Tau Banyak

Saat ini, Privasi merupakan salah satu fokus utama Google dalam mengembangkan Android Q ini. Dimana privasi khusus akan ditempatkan pada tiap pengaturan aplikasi. Dibagian ini, akan mengungkap berbagai izin aplikasi seperti lokasi, kamera, kontak, mikrophone, dan lainnya. Pada sistem baru ini juga akan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang, serta pembatasan perangkat ke data-data yang bersifat permanen, seperti IMEI, nomor seri, dan pengidentifikasi sehingga keamanan pada Android ini leih terjamin.

7. Fitur Dark Theme

Dark Theme pada Android Q

Pada seri Android kali ini, Google akhirnya menghadirkan fitur tema gelap pada Android Q. Fitur ini merupakan hal yang cukup banyak di request oleh penggunanya. Dark Theme sendiri diyakini dapat menghemat penggunaan baterai.

Baca Juga Artikel Menarik lainnya:

Fitur Terbaru MIUI 10 Beta 9.7.1
10 Rekomendasi Browser Extension yang Wajib Kamu Miliki

8. Fitur Focus Mode

Focus Mode pada Android Q

Fitur terbaru pada Android Q ini dapat mengidentifikasi dan juga dapat memblokir aplikasi tertentu yang dianggap menggangu, dan bisa pula mematikan notifikasinya. Jadi, ketika kalian sedang fokus, kalian tidak akan terganggu hal-hal menyebalkan seperti promosi dari game kesukaanmu. Mantap bukan?

9. Fitur Live Caption

Fitur live action pada Android Q

Fitur terakhir yang akan ada pada Android Q adalah Live Caption yang dimana akan secara otomatis memberikan penggunanya subtitle pada saat sedang menikmati suatu konten media. Menariknya, fitur ini bekerja untuk hampir setiap konten seperti lagu, rekaman audio, podcast, dan juga bahkan panggilan video alias VideoCall. Alasannya Google membuat fitur ini adalah untuk membuat Android lebih mudah diakses oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki permasalahan dengan indera pendengarannya agar turut merasakan emosi pada video tersebut. Pastinya fitur ini akan sangat dinantikan semua penggunanya.

Berikut informasi seputar 9 Fitur Terbaru dari Android Q yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa commnet serta share sehingga informasi yang kami bagikan tidak hanya berhenti di kamu saja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *