5 bagian Router Kalian harus tau

bagian router
Taubanyak.com

5 bagian router kalian harus tau – Kali ini, tau banyak akan membahas mengenai router wifi. Apa sih router wifi itu? Router adalah suatu perangkat keras atau hardware pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari sisi teknologinya. Berikut penjelasan selanjutnya :

fungsi dan bagian pada router

Fungsi Router

Apa itu fungsi dari router? Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP adress, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.

Dengan adanya IP adress yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap perangkat komputer, dapat memungkinkan setiap komputer untuk saling terhubung serta dapat melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

Bagian – Bagian Router

  •  Hub

Hub merupakan bagian dari sebuah router yang memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari jaringan dan mentrasmisikan ke komputer.

  • Switch

Switch merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penyambung dalam   sebuah jaringan atau menghubungkan komputer ke dalam local area  network.

  • Bridge

Bridge berfungsi untuk memberikan segmen serta memperluas  jaringan. Bridge juga bekerja untuk mengatur informasi jaringan menjadi lebih teratur.

  • Repeater

Repeater memiliki fungsi untuk memperluas jaringan wifi. Ada 2 macam alat untuk mengaktifkan repeater ini. Apa saja alat itu? Yaitu client, alat yang menerima jaringan dari server dan accespoint alat yang menyebarkan sinyal wifi.

  • Network Interface Controller

NIC adalah sebuah perangkat keras yang berguna untuk jembatan antar komputer ke jaringan komputer lain dan fungsi dari perangkat ini adalah untuk menerima data yang dikirim oleh kabel yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam bit, agar dapat di baca oleh komputer.

Penyebab Router Hang

Apa saja sih yang bikin hang router kita? Menurut mimin yang bisa menyebabkan router hang, karena terlalu banyak device yang terhubung dan menyebabkan sinyal loss atau terputus dan ada beberapa area tertentu yang tidak ter cover.

dan Penyebab Router hang yang biasa mimin temukan dikarnakan perangkat yang selalu menyala dengan jangka waktu yang cukup lama, dan cara mengatasi hanya dengan cara me-restart router tersebut, untuk cara merestartnya hanya cukup mematikan / mencabut power adaptor router tersebut beberapa menit saja.

Pada saat ini, perngkat router sudah lebih canggih dan modern contohnya router pabrikan dari ASUS, yang sudah memiliki teknologi atau fitur AiMesh. AiMesh ini merupakan teknologi terbaru dari router ASUS, jadi si router ini bisa merubah sebuah router konvesional menjadi Mesh Network.

Teknologi AiMesh

Apa sih  AiMesh itu? AiMesh adalah teknologi baru di dunia jaringan. Apa perbedaan dari AiMesh dan Mesh Network? Jadi perbedaan yang paling signifikan adalah biasanya kalau kita membeli perangkat Mesh Network, maka kita akan mendapatkan perangkat 2 sampai  3 sekaligus yang dimana paket penjual perangkat khusus, biaya perangkat juga lebih tinggi dan upgrade perangkat sulit.

Sedangkan dari AiMesh, kita bisa membeli router konvesional dari ASUS dan pastinya kita bisa beli satu per satu, dan jika kita butuh perangkat lebih banyak maka kita dapat upgrade lagi  untuk kedepannya.

Apakah semua router dari ASUS dapat dirubah ke teknologi AiMesh? Ok jadi untuk router ASUS ini tidak semuanya mendukung  teknologi AiMesh, jadi hanya tersedia diseri menengah ke atas, karena memang untuk fitur AiMesh ini kita membutuhkan processor yang cukup tinggi, jadi untuk kelas entry-level memang saat ini belum mendukung.

AIMesh ini merupakan fitur yang menarik yang akan membuat router memiliki nilai tambah bagi siapapun yang sedang membangun sebuah mesh network, terutama yang sudah memiliki sebuah router yang mendukung AIMesh sebelumnya. ASUS sendiri memang menyebutkan bahwa target mereka adalah kalangan pengguna yang sudah memiliki router ASUS sebelumnya, yang kompatibel dengan AIMesh. dengan fitur AIMesh, pengguna akan mendapatkan sistem serupa dengan mesh network dengan keunggulan fitur melimpah dari router ASUS.

Apaakah kalian sudah paham mengenai router? Sesudah kalian membacanya, semoga kalian dapat memahami router itu. Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami, semoga bermanfa’at untuk kita semua.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *