Bahaya Aplikasi FaceApp Yang Kita Tidak Ketahui

Bahaya Aplikasi FaceApp

Taubanyak – Bahaya Aplikasi FaceApp Yang Kita Tidak Ketahui. Baru-baru ini ada aplikasi yang sangat viral dan dipakai banyak orang, termasuk dari kalangan artis nasional maupun internasional. Aplikasi ini bernama FaceApp, fungsinya adalah mengedit wajah kita menjadi berwujud lebih tua. Aplikasi ini membuat kita seolah-olah seperti kakek-kakek atau nenek-nenek bahkan lebih muda, dengan hasil yang lebih realistis. Sudah Banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi ini untuk dijadikan sebuah challenge. Tapi, taukah kamu bahwa dibalik kehebatan dari aplikasi ini terdapat bahaya dari Aplikasi FaceApp yang kita tidak ketahui.

Bahaya Aplikasi FaceApp Yang Kita Tidak Ketahui

Yaps! FaceApp yang membuat banyak orang berlomba memakai aplikasinya ternyata memiliki beberapa potensi berbahaya khususnya privasi penggunanya.

Dengan penggunaan teknologi Artifical Intelligence pada aplikasi ini untuk mengubah atau mengedit foto pengguna secara otomatis, jelas penggunanya tidak perlu berusah payah mengedit foto mereka agar foto yang dihasilkan realistis.

Namun, tentu saja ada dampak negatif dari penggunaan aplikasi ini tentang data dari foto yang diakses penggunanya.

Bahaya-nya terletak ketika pengguna hanya memberikan aplikasi ini izin tanpa batas ke dalam kontak, foto, pesan pribadi, dan lainnya. Melakukan hal itu memungkinkan pembuat aplikasi memungkinkan, dan bahkan legal, untuk mengakses hal yang seharusnya tetap menjadi data rahasia Anda.

Bahaya Aplikasi FaceApp Yang Kita Tidak Ketahui 1

Ketika data sensitif ini diretas atau disalahgunakan, aplikasi viral dapat mengubah sumber menjadi celah yang bisa dieksploitasi oleh peretas untuk menyebarkan virus berbahaya.

Karena pihak FaceApp dapat mengakses foto, informasi lokasi, penggunaan data, dan lainnya. Bisa saja perusahaan tersebut menjual data data kepada pihak ketiga, maupun dibagikan kepada mitra pengiklan dari perusahaan tersebut. Bahkan, aplikasi itu telah berhasil menyimpan lebih dari 150 juta wajah dan identitas.

Menurut ketentuan layanan FaceApp, perusahaan memiliki lisensi tanpa royalti yang tak dapat dibatalkan untuk melakukan apa pun terhadap data wajah pengguna yang terhimpun.

Pengguna secara tidak langsung memberi FaceApp lisensi, sublisensi abadi, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif bebas royalti.

Lisensi dapat digunakan untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, menerbitkan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, dan menampilkan konten pengguna tanpa kompensasi kepada penggunanya, begitulah kira-kira syarat dan ketentuan aplikasi tersebut.

Bahaya Aplikasi FaceApp Yang Kita Tidak Ketahui 2

Konten pengguna yang dimaksud meliputi nama pengguna, wajah ataupun konten yang dibagikan pada atau melalui aplikasi FaceApp. Semuanya tersimpan dalam server cloud dan pengembang memiliki lisensi untuk mengolahnya.

Tentunya, hal itu memiliki konsekuensi, seperti Wajah Anda mungkin akan muncul di papan iklan di Moskow. Namun, kemungkinan paling besar itu akan digunakan untuk melatih beberapa algoritma pengenalan wajah berbasis AI.

Bahaya Aplikasi FaceApp Yang Kita Tidak Ketahui 3

Belajar dari kasus kebocoran data Facebook, data yang dikumpulkan sebuah aplikasi tak selalu sesuai dengan tujuan yang pengguna asumsikan. Itu tidak selalu disimpan dengan aman dan secara pribadi.

Karena setelah data diunggah ke cloud, Anda kehilangan kendali atas lisensi legal terhadap konten tersebut. Itulah salah satu alasan Apple menjaga sebagian besar data di perangkat berbasis AI-nya.

Karena itu, sebagai pengguna, Anda perlu waspada ketika aplikasi meminta akses atau lisensi terhadap konten dan/atau identitas digital. Untuk menggunakan fitur FaceApp, Pengguna harus memberi izin untuk mengakses semua foto. Perusahaan pun juga mendapatkan akses ke Siri dan kolom pencarian. Jadi, bahkan ketika kita tidak menggunakannya, ia memperalat kita.

Sebaiknya jangan berikan akses terhadap galeri gambar kepada pengembang FaceApp. Sebaliknya, ambil gambar saja secara langsung lewat kamera.

Selain itu, disarankan para pengguna online harus selalu berpikir secara aktif dan lebih berhati-hati dalam segala hal yang mereka lakukan di internet dan dengan perangkat mereka.

Beberapa langkah dasar yang dapat kami tawarkan meliputi:

  1. Hanya unduh aplikasi dari sumber tepercaya. Baca ulasan dan peringkat aplikasi juga.
  2. Pilih aplikasi yang ingin di-install pada perangkat Anda dengan bijak.
  3. Baca perjanjian lisensi dengan cermat.
  4. Perhatikan daftar izin yang diminta aplikasi Anda.
  5. Hindari mengklik “next” selama instalasi aplikasi.
  6. Untuk lapisan keamanan tambahan, pastikan untuk menginstal solusi keamanan di perangkat Anda.

Sekian informasi yang kami berikan seputar bahaya aplikasi FaceApp, semoga bermanfaat. Terima Kasih atas kunjungannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *