Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut Rontok adalah salah satu hal yang menyebalkan, dimana Rambut Rontok ini sendiri memang menjadi salah satu musuh untuk pria ataupun wanita.

Memiliki rambut yang sehat, dan juga jauh dari ketombe, adalah salah satu hal yang banyak diharapkan oleh para pria atau wanita saat ini. Namun tetap saja, ada beberapa penyebab Rambut Rontok, yang membuat mereka terganggu.

Biasanya, hal ini sering kali dialami para Wanita, namun tak jarang juga, pria pernah mengalami Rambut Rontok yang cukup mengganggu. Dan kali ini, TauBanyak.com akan memberikan beberapa Tips dan juga Solusi, untuk Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk kalian.


Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok
rambut rontok karena stress

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita pahami dulu beberapa Penyebab Rambut Rontok, agar kita mengetahui lebih jelas lagi untuk cara mengatasinya.

1. Stress

Buat kamu yang mengalami kerontokan pada Rambut, coba deh tenangkan fikiran kalian sejenak.

Terkadang, banyaknya fikiran, pekerjaan, ataupun tugas yang harus diselesaikan, membuat kita menjadi Stress.

Hal ini pun menjadi salah satu Faktor penyebab Rambut Rontok, karena saat kita mengalami fase Stress, otomatis emosi dan juga mood pun akan berubah lebih cepat.

Tentunya hal ini akan menyebabkan berkurangnya hormon untuk menguatkan akar rambut, yang ada di kulit kepala kalian.

Saat seseorang mengali Stress, otomatis pula mereka akan merasakan hal yang tak nyaman, gelisah, serta merasa penuh beban.

Oleh karena itu, kalian bisa menghilangkan Stress ini dengan menenangkan diri kalian, dan mencoba untuk menaikkan mood kalian kembali.

2. Gen (Keturunan)

Jika memang dirasa kalian sudah merawat rambut dengan baik namun masih mengalami kerontokan, coba deh cek Gen ataupun orang tua kalian.

Biasanya, kerontokan rambut juga dipengaruhi oleh adanya faktor Genetika dari Orang tua, seperti Ibu, Bapak, Kakek, ataupun Nenek.

Hal ini akan berdampak kepada keturunan selanjutnya atau dibawahnya. Akibatnya, mereka akan mudah mengalalmi kerontokan rambut.

Solusinya? Cobalah untuk merawat Rambut sejak usia dini. Agar ketika kelak kalian memiliki keturunan lagi, kalian tidak akan menularkan Gen rambut rontok itu ke anak/cucu kalian.

3. Kelebihan Vitamin A

Selain bagus untuk kesehatan mata, Vitamin A juga sangat baik untuk pertumbuhan rambut serta kesehatan kulit kepala kalian.

Vitamin A sendiri bisa di peroleh dari beberapa makanan seperti buah-buahan, daging, serta masih banyak lagi.

Tapi, masuknya Vitamin A kedalam tubuh, tidak boleh terlalu banyak loh. Sebab, jika terlalu banyak. Jangan terlalu mengkonsumsi suplemen Vitamin A terlalu banyak.

Pastikan kadar dan juga takaran masuknya Vitamin A kedalam tubuh, sudah sesuai dengan kebutuhan kalian.

Solusinya? Kalian bisa konsultasi kepada Dokter Ahli Gizi, untuk mengetahui berapa Idealnya Vitamin A yang dibutuhkan tubuh kalian.

4. Kurangnya Vitamin B

Jika di poin 3 tadi sudah dijelaskan bahwa kalian harus mengatur kandungan Vitamin A didalam tubuh, kali ini kalian harus mencukupi asupan Vitamin B.

Kandungan Vitamin B sendiri ikut ambil andil dalam pertumbuhan Rambut. Kalian bisa mendapatkan banyak asupan Vitamin B, dari beberapa sumber. 

Konsumsilah Suplemen Vitamin B yang memang tidak melebihi kadar kebutuhan, serta merubah pola makan, dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B.

Ikan, Daging, Kacang-kacangan, Sayuran, Jagung, Kentang, dan juga Labu, adalah beberapa makanan yang mengadung Vitamin B yang baik bagi tubuh dan juga Rambut. Tentunya masih ada banyak lagi selain yang disebutkan tadi.

5. Kurang Tidur

Kebiasaan buruk sering begadang, membuat hormon pertumbuhan rambut menjadi kurang bekerja dengan baik pada pertumbuhan rambut.

Hal ini diakibatkan karena kita tidak menerima Istirahat yang cukup untuk tubuh. Alhasil, tubuh kita pun akan tidak maksimal dalam hal Metabolisme.

Kurangi tidur pada malam hari, ambil lah istirahat yang cukup untuk tubuh kalian. Sebab, semua itu mempengaruhi Pertumbuhan rambut, dan juga kesehatan kalian.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan
rambut rontok berlebihan

Untuk mengatasi Rambut Rontok Berlebihan sendiri, kalian bisa mengatasinya dengan cara yang mungkin cukup mudah.

Menggunakan Vitamin Rambut – Vitamin Rambut sendiri, biasanya sudah banyak kalian dapatkan di beberapa Supermarket, atau bahkan apotek terdekat. Dengan menggunakan Vitamin Rambut yang bagus, kalian bisa kembali mengatasi Rambut Rontok.

Menggunakan Sisir dengan Gerigi yang besar – Jika kalian memiliki sisir dengan gerigi yang rapat, cobalah untuk mengganti nya dengan sisir yang memiliki gerigi agar besar, atau berjarak antara satu sama lain. Hal ini dianjurkan agar rambut kalian tidak terbawa oleh sisir ketika menyisir rambut. 

Jangan keramas pada malam hari – Jika kamu seorang pekerja yang berangkat pagi pulang malam, hindari untuk melakukan Keramas pada saat malam hari sebelum tidur.

Hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena memang keramas pada malam hari, hanya akan menyebabkan kerusakan pada Rambut. Sebab, malam hari adalah waktunya untuk tubuh bisa istirahat.

Apabila kalian kermas pada malam hari, tentunya tubuh yang harus nya istirahat, tidak akan bekerja dengan baik untuk menyerap nutrisi yang terkadung pada shampoo yang kalian gunakan.


Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria
rambut rontok pada pria

Kerontokan pada Rambut, tidak hanya dialami oleh para Wanita saja. Pria pun bisa mengalami kerusakan atau Rambut Rontok.

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa Faktor. Sehingga, sebagai seorang Pria juga, kita harus menjaga kesehatan Rambut kita.

Biasanya, banyak para pria tidak memperhatikan Shampoo yang mereka gunakan. Padahal ini sangat berpengaruh besar loh.

Pria dan wanita memiliki Gen dan asupan Nutrisi serta protein yang berbeda. Sehingga, pria sangat tidak disarankan untuk menggunakan Shampoo Wanita.

Begitu pun sebaliknya. Jadi, para pria juga harus memperhatikan Shampoo yang digunakan. Usahakan menggunakan Shampoo yang memang di khususkan untuk Pria.

Faktor lain selain begadang adalah, banyak nya pria yang merokok, dan ada sebagian yang mengkonsumsi Alkohol.

Ternyata, kandungan Nikotin yang ada pada Rokok, ikut menghambat kesehatan Rambut, dan membuat rambut pria cepat rontok.

Ditambah lagi dengan asap yang dikeluarkan, apabila terkena Rambut, tentunya rambut kalian akan menjadi cepat Rusak, dan juga Rontok.


Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe
rambut rontok dan ketombe

Selain Rambut Rontok, Ketombe juga menjadi salah satu hal yang menyebalkan. Khususnya untuk Pria dan Wanita.

Nah, untuk mengatasi Rambut Rontok dan ketombe sendiri terbilang cukup mudah kok. Dan Cara ini, bisa berlaku untuk pria dan Wanita.

1. Jangan memakai Helm atau Topi, saat Rambut dalam Keadaan Basah.

Mungkin, sebagian dari kita sering kali menggunakan Helm atau Topi dengan keadaan rambut yang masih basah. Hal ini sangat tidak dianjurkan loh.

Karena hal ini akan menyebabkan rambut kita menjadi lembab, dan juga berkeringat. Nah, hal ini akan mempengaruhi rambut rontok, dan juga munculnya ketombe.

2. Sering terpapar matahari langsung

Jika kamu adalah seseorang yang seringkali bekerja di luar ruangan atau bekerja di Lapangan, harus hati hati nih. Sebab, sering terkena paparan Matahari, tidak baik bagi Rambut.

Sebab, hal ini akan menyebabkan kulit kepala menjadi berkeringat. Sehingga, hal tersebut akan memicu munculnya ketombe. Selain itu, hal ini juga akan membuat rambut kalian cepat kering dan rusak.

Usahakan untuk tetap berada di ruangan yang cukup, baik dari suhu, dan juga panas. Agar rambut kalian tidak mudah rontok dan berketombe.

3. Mengeringkan Rambut dengan Hairdryer

Sebagaimana kita ketahui, menggunakan Hairdryer memang membuat rambut kita cepat kering. Namun ternyata, terlalu sering menggunakan Hairdryer justru akan membuat rambut kalian kering dan rusak.

Hal ini pastinya akan menyebabkan kerontokan yang berlebih, serta rasa tak nyaman dengan rambut yang kering dan tidak lembab. Jadi, usahakan untuk mengeringkan rambut secara perlahan menggunakan Handuk Khusus, ataupun yang lainnya.

4. Sering Terkena Debu dan Polusi

Ketombe yang sering kali didalami para pria dan wanita ini, biasanya dipengaruhi oleh terkenanya Debu dan Polusi. Hal ini akan merusak Kulit kepala.

Selain itu, Debu yang menempel di kulit kepala, akan menimbulkan rasa gatal, dan juga menjadi cikal bakal ketombe. Oleh karena itu, kalian bisa melindungi kulit kepala dan rambut kalian, dengan menggunakan penutup kepala yang pas.

5. Gunakan Shampoo yang cocok

Kebanyakan dari kita, sering kali menggonta ganti Shampoo untuk melakukan keramas. Padahal hal ini sangat itdak dianjurkan loh teman-teman. 

Sebab, menggunakan Shampo yang berebeda tiap saat, hanya akan menimbulkan tumbuhnya ketombe, dan menghambat pertumbuhan Rambut kalian sendiri.

Oleh karena itu, pastikan kalian sudah menggunakan atau memilih Shampoo yang memang mengandung Vitamin Rambut yang pas, serta tidak menggunakan produk Shampoo yang berbeda untuk keramas.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami
mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

Selain menggunakan Produk pabrik seperti Shampoo, Vitamin Rambut, ataupun yang lainnya. Kalian juga bisa menggunakan Bahan alami loh.

Lidah Buaya, adalah salah satu bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut berlebih. Hal ini memang sangat dianjurkan. 

Sebab, Lidah buaya mengandung Aloe Vera, yang bagus untuk pertumbuhan Rambut, serta menjaga kelembaban Kulit.

Adapun cara penggunaan lidah buaya untuk Kesehatan Rambut tidaklah sulit. Kalian hanya perlu memotong lidah buaya, kemudian mengoleskan nya ke rambut dan kulit kepala secara merata.

Kemudian, diamkan untuk 5 – 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan Shampoo yang cocok dan memang bagus untuk kalian gunakan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah setelah Smoothing

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah setelah Smoothing
rambut rontok akibat smoothing

Smoothing ini, biasanya sering banget dilakukan oleh para Wanita, yang ingin mengubah penampilan Rambutnya, agar terlihat lebih cantik.

Namun tau gak sih, Smoothing yang dilakukan secara berlebihan, biasanya akan memicu kerusakan pada Rambut loh. Serem ya,

Kerusakan yang terjadi setelah Smoothing sendiri, biasanya bisa diatasi dengan cara yang tidak terlalu sulit kok. 

Usahakan setelah melakukan Smoothing, kalian tidak dianjurkan langsung membahasai rambut. Namun, gunakan Vitamin Rambut terlebih dahulu.

Hal ini berguna, agar Rambut kalian kembali menerima Nutrisi yang dibutuhkan Rambut, setelah sebelumnya terkena panas dari prosess Smoothing yang kalian lakukan.

Kemudian, gunakan Condisioner Rambut yang cocok, hal ini agar kembali merangsang rambut untuk kembali halus dan juga lembut setelah Smoothing.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab
rambut rontok berjilbab (ilustrasi)

Untuk kalian yang menggunakan Hijab, cobalah untuk lebih menjaga kesehatan Rambut kalian. Sebab, ada pepatah mengatakan bahwa Rambut adalah Mahkota nya Wanita.

Namun, untuk para wanita yang menggunakan Hijab, tak sedikit juga yang mengalami kerusakan Rambut. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan mudah kok.

Kalian hanya perlu menjaga kulit kepala kalian, agar tidak berkeringat secara berlebih. Sebab memang banyak wanita yang berkata, bahwa menggunakan Hijab membuatnya gerah.

Pemilihan hijab yang pas di kepala, tentunya tidak akan membuat keringat berlebihan. Namun, apabila kalian menggunakan Hijab dengan ukuran yang kekecilan, pastinya hal ini akan menimbulkan keringat di kulit kepala.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan Shampoo Khusus untuk Wanita berhijab. Sudah banyak kok ada di Supermarket, Apotek, atau bahkan di tempat kecantikan Wanita.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan Rambut, adalah salah satu hal yang penting untuk pria dan juga wanita. Oleh karena itu, semoga beberapa cara yang kami bagikan diatas, bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *