Cara Menghilangkan Malware di PC/Laptop

Cara Menghapus Malware

Cara Menghilangkan Malware – Bicara soal Malware, pasti kita sebagai pengguna PC ataupun Laptop sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut. Malware sendiri merupakan Virus, yang bisa menyerang PC/Laptop kita kapan saja. Ntah dari File yang kita unduh, atau bahkan memang ada indikasi dari beberapa File yang mengandung Malware.

Tentunya hal ini amat sangat menyebalkan. Sebab, apabila PC/Laptop kita terkena Malware, otomatis juga kinerja PC/Laptop kita akan menurun. Dan hal ini akan membuat  Komputer menjadi lambat. Karena memang Malware tidak bisa dihapuskan begitu saja.

Malware sendiri berbentuk seperti file tanpa format extensi. Sehingga, kita tidak bisa melakukan Uninstall begitu saja, harus dilakukan Scanning penuh melalui Antivirus yang kita gunakan. Dan tentunya, kita juga harus memiliki Antivirus Terbaik untuk PC/Laptop kita.

Namun, tak semua Antivirus bisa mengatasinya. Seperti Ransomware misalnya, Virus yang satu ini benar-benar tidak bisa dihilangkan. Kita harus membayar dengan mata uang Bitcoin, agar file-file kita bisa kembali. Sebab, Ransomware sendiri adalah salah satu Virus Malware yang akan menyerang File-file dan data penting kita.

Virus Malware juga merupakan salah satu “Pintu Masuk” bagi para Hacker, untuk bisa meretas data-data penting kita selain file. Seperti Data email, dan juga Password yang mungkin kita simpan di Browser kita. Hal ini pastilah sangat berbayaha apabila tidak diatasi.

Kali ini Tau Banyak akan mencoba membagikan, beberapa Cara agar kalian tidak terkena Malware. Namun, apabila kalian sudah terlanjur terkena Malware, kalian tidak perlu khawatir, karena disini akan kita bahas semuanya.

Cara Menghilangkan Virus Malware

1. Memperhatikan File Download

Buat kalian yang sering kali mengunduh file-file melalui Internet, Cobalah untuk lebih berhati-hati ketika mengunduh file. Karena terkadang, Virus Malware sering kali terbawa dengan File unduh kalian. Sehingga, kalian akan sering mengalami Munculnya Pop-up Browser dengan sendirinya yang tentunya mengganggu kinerja kalian.

Pop Up yang sering keluar sendiri ini pun, biasanya akan keluar dalam jumlah yang banyak. Dan tidak akan berhenti, meskipun kalian sudah menutup tab tersebut, Pop up ini akan muncul lagi dengan sendirinya. Jadi, lebih hati-hati lagi ya.

2. Menghapus Temporary Files

Temporary Files sendiri, adalah file sampah, atau file sementara yang biasa dihasilkan dari Browser, ataupun file tambahan ketika menginstall Software/Aplikasi. File Temp ini biasanya memiliki pengaruh besar pada kinerja PC kalian.

Kalian bisa menghapus Temporary Files dengan menggunakan beberapa Aplikasi Pembersih file Temp, Seperti CCleaner. Sehingga, kemungkinan PC/Laptop kalian terkena Malware pun akan lebih sedikit.

3. Menghapus Aplikasi tak Dikenal

Mungkin saja, kita sebagai pengguna PC/Laptop, sering kali meminjamkan Device kita kepada Adik, atau teman dekat kita. Dan mereka biasanya iseng untuk mengunduh atau menginstall Aplikasi yang mungkin tidak kita gunakan.

Hal ini biasanya berdampak, pada sering muncul nya Pop up pada Desktop kalian. Bahkan hal ini sangat menggangu pengguna nya. Karena memang, Iklan seperti ini sering muncul, ketika kita menginstall Aplikasi yang tak dikenal.

Oleh karena itu, kalian bisa melakukan peng-uninstallan, pada Aplikasi yang tak dikenal, untuk mencegah masuknya Malware di PC/Laptop kalian. Untuk langkah uninstall sendiri, kalian bisa mengaksessnya lewat Control Panel pada PC/Laptop kalian.

4. Menggunakan Windows Defender

Windows Defender, adalah salah satu Antivirus yang memang biasanya sudah include, pada Windows 7 – 10. Fungsih dari Windows Defender sendiri ialah mampu menangkal masuknya Virus, baik itu virus biasa, ataupun Virus Malware.

Dan apabila PC/Laptop kalian terinfeksi Virus Malware, biasanya Windows Defender akan memberikan Notifikasi, atau Warning. Sehingga kalian bisa melakukan langkah lebih lanjut, yakni melakukan Quarantine, ataupun di Delete.

5. Menggunakan Malwarebytes

Malwarebytes adalah salah satu Aplikasi Pembersih Malware, yang memang dikhususkan untuk hal itu. Dengan menggunakan Malwarebytes, kalian bisa dengan mudah melakukan Scanning, dan kemudian meng-Quarantine Malware yang terdeteksi.

Untuk prosess Scanning nya sendiri, memang agak lama, tergantung dari banyaknya file yang di Scan di PC/Laptop kalian. Dan setelah prosess Scanning selesai, kalian akan dimintai untuk melakukan Restart pada PC/Laptop kalian. Sebelum akhirnya menghapus file-file atau Virus Malware yang terdeteksi.

Malwarebytes sendiri sifatnya Freeware, sehingga kalian bisa mencoba untuk menggunkan Trial nya dulu selama 14 hari, sebelum akhirnya kalian harus melakukan Aktivasi Product, pada Malwarebytes.

Kesimpulan

Mencegah masuknya Virus Malware ke PC/Laptop kalian, merupakan salah satu antisipasi, agar PC/Laptop kalian tetap aman dan juga bersih. Dengan mencegah masuknya Malware, tentunya kalian bisa tetap aman, baik dari Iklan-iklan yang mengganggu, dan juga masuknya Hacker kedalam system PC/Laptop kalian.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *