10 langkah Root Semua Devices Xiaomi dengan Mudah

Xiaomi

Cara Root Semua Devices Xiaomi – Bicara soal ROOTing, mungkin sudah menjadi hal yang sedikit tidak mengherankan lagi ya. Sebab, banyak pengguna Android seperti Xiaomi, akan melakukan ROOT untuk keperluan mereka.

Hal ini tentunya tidaklah mudah. Secara, untuk beberapa Devices Xiaomi, kalian harus melakukan prosess yang cukup panjang, seperti Unlock Bootlaoder, dan juga menunggu prosess Verifikasi Unlock Bootloader, yang memakan waktu yang berbeda-beda.

Tapi, setelah selesai menunggu prosess Unlock Bootloader atau UBL, kamu bisa langsung melakukan ROOT pada Devices Xiaomi kamu. Nah, kali ini TauBanyak.com ingin membagikan Cara ROOT Xiaomi, yang bisa kamu terapkan di Devices Xiaomi kalian. Langsung saja yuk!

Disclaimer : Jangan lupa untuk melakukan Backup Data terlebih dahulu, simpan data-data penting kamu di PC/Laptop, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. DWYOR

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. PC/Laptop
  2. Kabel USB
  3. Minimal ADB and Fastboot [unduh disini]
  4. Driver Android for Windows (silakhan cari sesuai versi OS yang kamu gunakan) [unduh disini]
  5. Menginstall Custom TWRP (cari sesuai Devices kamu) [unduh disini]
  6. Magisk ROOT [unduh disini]
  7. Magisk Uninstaller [unduh disini]

Persiapkan dan Unduh semua file/bahan-bahan yang dibutuhkan. Dan pindahkan file Magisk ROOT dan Magisk Uninstaller (untuk jaga-jaga) ke Devices Xiaomi kamu. Jika sudah kita langsung saja ke tutorialnya.

Cara Install TWRP di Xiaomi

1. Masuk ke Devices Xiaomi kamu, kemudian masuk ke Setting > Developer Options (cara mengaktifkan developer Options bisa melalui About Phone, dan Tap 7x pada MIUI Version) > Ceklis pada Enable USB Debugging.

2. Install Driver Android yang sudah kamu unduh, dan juga Install Minimal ADB and Fastboot-nya.

3. Untuk memastikan bahwa Devices Xiaomi kamu sudah terdeteksi di Minimal ADB and Fastboot, kamu bisa membuka Minimal ADB dan kemudian mengetikkan “adb devices” tanpa tanda kutip.

10 langkah Root Semua Devices Xiaomi dengan Mudah 1
source : forum xda

4. Kemudian, pindahkan file Custom TWRP (file ini akan berformat .img) ke Directory installasi Minimal ADB and Fastboot kamu, contoh : (C:\Minimal ADB and Fastboot\paste disini).

5. Matikan Devices Xiaomi kamu, dan masuk ke Mode Fastboot dengan cara menekan Tombol Power dan Volume Down (-)

6. Hubungkan Devices Xiaomi saat dalam Mode Fastboot, ke PC/Laptop kamu dengan menggunakan Kabel USB.

7. Buka Minimal ADB and Fasboot kamu, lalu ketikkan : fastboot flash recovery namafiletwrp.img dan kemudian enter. (catatan : namafiletwrp.img harus disesuaikan dengan Custom TWRP yang kamu unduh dari official Site nya. Jika Custom TWRP nya bernama twrpxiaomi.img, maka kamu harus menuliskan twrpxiaomi.img secara lengkap, dengan format .img nya) dan kemudian tekan enter.

8. Jika sudah muncul Status DONE. Berarti kamu sudah berhasil menginstall TWRP nya. JANGAN TUTUP COMMAND PROMPT MINIMAL ADB NYA DULU. 

9. Setelah muncul Status DONE tadi, kemudian ketikkan lagi fastboot boot namafiletwrp.img dan kemudian tekan enter. Otomatis Devices kamu akan melakukan Reboot dan masuk ke dalam Custom TWRP yang sudah kamu install tadi, dan tinggal melakukan Prosess ROOT.

10. Selesai.

Setelah kita melakukan Installasi Custom TWRP, kita tinggal melakukan Prosess ROOT.

Cara ROOT hp Xiaomi

  1. Setelah masuk ke TWRP tadi, pastikan kamu sudah memindahkan file MAGISK ROOT, ke Internal Storage kamu (jangan didalam folder)
  2. Pada Menu TWRP, pilih pada bagian INSTALL
  3. Pilih file MAGISK ROOT (bukan MAGISK UNINSTALLER)
  4. Lanjut, lakukan Swipe to Flash atau Swipe to Install
  5. Tunggu hingga prosess selesai, dan lakukan Reboot ke System kamu.
  6. Setelah masuk ke System, kamu akan melihat ada Aplikasi baru yang bernama MAGISK Manager.
  7. Buka Aplikasi tersebut, dan ikuti semua instruksi yang diberikan oleh pihak MAGISK tersebut.
  8. Selesai.

Mungkin itu saja yang bisa TauBanyak.com bagikan untuk kali ini, selamat bereksplorasi dengan Devices Xiaomi kamu ya. Semangat dan Semoga Bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *