10 Keunikan Budaya Jepang Yang Menarik

10 keunikan budaya Jepang

10 Keunikan Budaya Jepang – Keunikan Budaya Jepang memang menarik untuk disimak. Negeri Sakura memang terkenal dengan budaya dan tradisi yang berbeda dengan negara-negara lain, yang membuat orang-orang diseluruh dunia tertarik pada keunikan budaya dan tradisinya. Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa keunikan budaya Jepang yang menarik.

Keunikan Budaya Jepang Yang Menarik

1. Sumo

sumo

Salah satu keunikan budaya Jepang adalah Sumo. Sumo adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah dibagian dalam lingkaran.

Sumo merupakan olahraga asli Jepang dan sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Banyak orang-orang dari negara lain tertarik akan pertunjukan budaya Jepang yang satu ini. Biasanya pertandingan Sumo ini berlangsung hanya beberapa detik, namun ada yang hingga hitungan menit.

2. Perayaan Hanami

hanami-Jepang

Perayaan Hanami ini adalah perayaan yang biasanya digelar saat musim semi. Mekarnya bunga Sakura menjadi tanda hadirnya musim semi, hadirnya musim semi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Jepang setelah menjalani kehidupan yang berat dalam musim dingin.

Orang-orang Jepang biasanya akan melakukan piknik dan menggelar pesta makan-makan dibawah pohon Sakura untuk menikmati keindahan bunga Sakura yang bermekaran. Perayaan Hanami ini sangat unik, banyak orang-orang dari negara lain yang mengunjungi Jepang saat musim semi untuk menikmati perayaan Hanami ini.

3. Festival Nagoya

fastival-nagoya

Fastival Nagoya ini diadakan dipertengahan bulan Oktober dan digelar selama 2 hari. Festival Nagoya memiliki keunikan tersendiri, festival ini melakukan arakan dengan pakaian tradisional Jepang. Mereka berdandan layaknya para pejuang pada masa itu.

Festival Nagoya ini, dilakukan untuk menghormati Toyotomi Hideyoshi, Odo Nobugana, Tokugawa dan Ilyasu yang hidup pada abad pertengahan. Nah untuk kalian yang ingin berkunjung ke negeri Sakura Jepang saat pertengahan bulan Oktober, Jangan lupa untuk mengikuti festival unik ini.

4. Matsuri

fastival-matsuri

Matsuri adalah istilah agama Shinto yang berarti persembahan ritual. Dalam pengertian sekuler, Matsuri berarti festival atau perayaan di Jepang, yang diselenggarakan pada musim panas. Matsuri ini berkaitan dengan fastival dari kuil yakni kuil Shinto dan kuil Budha.

Matsuri ini sebenarnya acara untuk sembahyang dan berdoa. Namun itu tidak terlalu menekankan pada para pengunjung yang datang, karena banyak juga pengunjung yang datang hanya sekedar melihat festival budaya Jepang ini.

5. Kabuki

gabuki

Kabuki adalah seni teater tradisional khas Jepang yang memadukan tari dan juga musik. Aktor kabuki, dengan cerita yang dipadukan dengan seni tari dan juga musik, membuat para pengunjung yang melihatnya tertarik dan belum lagi dengan para aktor kabuki dengan tata rias yang digunakannya selalu terlihat mencolok untuk menonjolkan karakter pemain tersebut, busana yang digunakan juga terbilang sangat mewah agar penonton terfokus saat melihatnya.

6. Kimono

kimono

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Arti sesunguhnya kimono merupakan baju atau sesuatu yang dipakai pada zaman dulu, ki yang berarti pakai dan mono yang berarti barang. Biasanya dizaman sekarang ini Kimono digunakan saat terdapat acara khusus. Kimono dapat dipakai oleh pria maupun wanita, namun untuk pria desainnya lebih sederhana. Baju Kimono ini merupakan budaya Jepang pada zaman dulu.

7. Upacara Minum Teh Jepang

upacara-minum-teh-jepang

Upacara minum teh adalah ritual tradisional Jepang dalam menyajikan teh untuk tamu. Budaya Jepang yang satu ini sangatlah unik, biasanya upacara minum teh ini mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi sang penyaji.

Banyak turis yang tertarik untuk mengikuti upacara minum teh di Jepang ini. Para tamu upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etika meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan.

8. Ikebana

ikebana

Ikebana adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Di negara Jepang bunga merupakan hal yang istimewa, dan juga masyarakat Jepang percaya bahwa bunga adalah tempat bersembayam Tuhan.

Pada awalnya ikebana dirangkai sangat sederhana dan langsung diletakan dialtar utama. Namun di zaman sekarang ini, ikebana mulai rumit saat dirangkai, bahkan ada beberapa yang harus dipelajari terlebih dahulu untuk merangkai bunga.

9. Tako

tako

Tako merupakan budaya Jepang yang sangat menarik, dimana para orang-orang Jepang berkumpul disuatu lapangan luas dan menerbangkan layang-layang. Dengan desain yang unik, membuat layang-layang dari negara Jepang ini terlihat berbeda dengan layang-layang yang ada diseluruh dunia. Biasanya tako ini bisa dijumpai pada saat ada festival budaya saja.

10. Geisha

geisha

Geisha adalah seniman tradisional Jepang. Geisha sangat umum pada abad ke-18 dan abad ke-19, dan masih ada sampai sekarng ini. Bisanya pemeran budaya tradisional Jepang ini sudah dilatih sejak kecil, rumah-rumah geisha “okiya” membawa gadis-gadis yang kebanyakan dari kekluarga miskin dan kemudian melatih mereka.

Geisha belajar banyak bentuk seni dalam hidup mereka, tidak hanya untuk menghibur pelanggan tetapi juga untuk kehidupan mereka sendiri.

Nah, berikut merupakan beberapa keunikan budaya Jepang. Budaya Jepang yang unik membuat kita tertarik untuk mengunjungi negeri sakura Jepang, budaya Jepang selain unik juga orang-orang Jepang memiliki kebiasaan yang berbeda membuat kita tertarik untuk pergi ke Jepang. Jangn lupa bagikan artikel ini ya, terima kasih.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *