Mengatasi Notifikasi LINE tidak Muncul di Android dan iOS

Notifikasi LINE tidak Muncul

Notifikasi LINE tidak Muncul – LINE adalah salah satu Aplikasi Chatting yang cukup terkenal. Aplikasi ini bisa kalian unduh di Playstore Android ataupun App Store iOS. LINE Sendiri sudah cukup lama diperkenalkan di Smartphone atau Ponsel Cerdas.

Fitur yang diberikan LINE sendiri cukup beragam. Selain kalian bisa melakukan Chatting dengan sesama pengguna LINE, kalian juga bisa mengupdate Status di Timeline, ataupun berkirim Sticker yang lucu dengan pengguna LINE. Selain itu, LINE juga bisa digunakan untuk Video Call, dan juga Voice Call.

Interface dari LINE pun cukup beragam. Kalian bisa mengunduh beberapa Tema LINE, yang bisa kalian dapatkan secara Gratis, atau bahkan berbayar, dengan menggunakan Koin LINE. Oleh karena itu, banyak pengguna Smartphone yang masih menggunakan LINE.

Namun, kendala yang sering dialami pengguna LINE ialah, Notifikasi LINE tidak mucul, atau bahkan Notifikasi LINE telat untuk muncul. Hal ini tentunya membuat para pengguna LINE menjadi terlambat, untuk mengetahui Notifikasi Chat, pada Aplikasi tersebut.

Hal ini sering kali dialami oleh pengguna Android dan juga iOS. Sehingga mereka mencari banyak cara agar bisa kembali menerima Notifikasi LINE, tanpa Delay, ataupun harus membuka Aplikasi LINE terlebih dulu.

Notifikasi LINE tidak muncul di Android

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa Faktor, baik dari penyimpanan, dan juga RAM yang terbatas. Tapi sebetulnya, kalian bisa mengatasi nya dengan mudah kok.

1. Perhatikan Internal Storage kalian

Jika kalian pengguna Android dengan Storage yang cukup standar (12GB) kalian harus bisa me-manage Aplikasi yang terinstall di Android kalian. Hapus beberapa Aplikasi yang memang tidak diperlukan, agar aplikasi LINE menjadi Prioritas, di penyimpanan Android kalian.

Hapus juga beberapa file Cache dari Aplikasi lainnya, seperti Foto, Thumbnail, Video yang tak terpakai, atau bahkan video-video singkat, yang berasal dari Aplikasi lain, seperti Whatsapp.

2. Manage Penggunaan RAM

Smartphone Android, biasanya sering digunakan penggunanya untuk bermain Game. Hal ini memang tak bisa di pungkiri, karena memang banyak sekali Game Android, yang bisa dimainkan secara Online dan juga Offline.

Hal ini sebenarnya amat sangat berpengaruh pada penggunaan RAM kalian. Ketika kalian bermain game Online Android dengan ukuran yang cukup besar (contoh : Mobile Legends). Biasanya, penggunaan RAM akan lebih di Prioritaskan untuk Game tersebut.

Alhasil, ketika kalian bermain Game, Managemen RAM akan otomatis memberhentikan Process Background, pada beberapa Aplikasi yang sedang tak berjalan. Kecuali, Android kalian memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, (di rekomendasikan 4GB).

Solusinya adalah, kalian bisa melakukan Clear Cache atau Force Close pada Game Online yang kalian mainkan, ketika selesai bermain Game tersebut. Hal ini bertujuan, agar tidak adanya Process Backround atau Prosess di belakang layar, ketika Game tersebut sudah ditutup. Lebih hemat RAM kan? Iya dong.

3. Periksa Pembaruan/Update

Biasanya, Aplikasi yang kita unduh di Google Playstore, sering kali melakukan Upadte. Hal ini dilakukan para Developer Apps, untuk memperbaiki beberapa Bugs yang ada di Aplikasi tersebut.

Kalian bisa melihat pemberitahuan Update Aplikasi, di Google Playstore. Kalian bisa menghidupkan Notifikasi untuk Auto Update, atau bahkan melakukannya secara manual. Itu sih terserah kalian saja hehe.

Oh iya, ketika sudah melakukan Update Aplikasi, usahakan untuk melakukan Restart, atau Reboot. Hal ini bertujuan, agar Komponen System dan Aplikasi yang sudah di Update, akan kembali melakukan Syncronisation, agar Aplikasi berjalan dengan semestinya.

4. Gunakan Tema Default

Pengguna LINE Android, biasanya sering kali mengunduh Tema gratis, atau bahkan berbayar. Sebagaimana kita ketahui, LINE memang dilengkapi dengan fitur tersebut.

Namun, dari pengalaman yang saya alami, menggunakan Tema Bawaan atau Default, lebih baik daripada menggunakan Tema yang lain. Ntah kenapa, tapi menggunakan Tema Default biasanya lebih ringan, dan tak memakan Storage/Penyimpanan yang cukup banyak.

Notifikasi LINE tidak Muncul di iPhone

Nah, sekrang kita coba mencari pemecahan masalah, untuk Notifikasi LINE yang tidak muncul di iPhone. Adapun untuk cara mengatasinya adalah.

1. Update Aplikasi LINE di Apps Store

Cobalah untuk memeriksa Update atau pembaruan dari aplikasi LINE. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan versi terbaru dari LINE, yang tentunya dilengkapi dengan beberapa perbaikan.

Namun, jika belum ada Pembaruan, kita coba masuk ke cara kedua.

2. Menghapus Cache iPhone

Memang nya bisa menghapus Cache di iPhone? tentu bisa dong. Kalian hanya perlu menekan tombol Power sampai muncul “Swipe to Shut Down/Power Off”

Kemudian, tekan Tombol Home agak lama, sampai tampilan nya masuk kembali ke Home Screen. Lanjut untuk menggunakan LINE seperti biasa.

3. Mengatur Prioritas Notifikasi

Kalian bisa mengatur Prioritas Notifikasi pada iPhone, terlebih untuk Aplikasi yang Spesifik. Adapun caranya ialah :

Masuk ke Settings/Pengaturan > Apps > pilih pada LINE > pilih Notification > dan Hidupkan semua Notifikasi. Agar kalian bisa menerima Notifikasi LINE dengan Normal.

Kesimpulan

Cara cara diatas, bisa berlaku untuk kalian pengguna Android dan juga iOS atau iPhone, yang mungkin saja mengalami masalah yang sama. Selamat mencoba, dan Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *