Fitur Terbaru Deteksi Kebocoran Kata Sandi Pada Google Chrome

Fitur Terbaru Deteksi Kebocoran Kata Sandi Pada Google Chrome Hallo jumpa lagi dengan taubanyak, kali ini taubanyak akan membawakan informasi menarik mengenai fitur pada Google Chrome. Google baru-baru ini menambahkan sebuah fitur deteksi kebocoran kata sandi pada Google Chrome. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna, karena untuk fitur ini dapat mengetahui jika kata sandi kita pernah diretas atau tidak.

Fitur Terbaru Deteksi Kebocoran Kata Sandi Pada Google Chrome

Google menambahkan fitur built-in pada Google Chrome, yang memberi tahu kita saat masuk akses Non-Google. Pada awal tahun ini Google Chrome memperkenalkan ekstensi pemeriksaan kata sandi yang di namai dengan ekstensi Password Leak Detection. Fitur terbaru pada Google Chrome juga dapat mengingatkan jika kata sandi kita pernah diretas dan menyarankan untuk menyimpan kata sandi yang kuat di situs tertentu.

Google juga mengintegrasikan fitur ini dengan pengelola kata sandi, yang memperingatkan kita pada setiap pengguna untuk mencoba mengatur kata sandi yang lemah dan pengaturan pada Chrome mengatakan “Tampilan peringatan ketika anda menggunakan kata sandi yang tidak aman yang merupakan bagian dari pelanggaran data. Ini tersedia untuk pengguna yang sudah masuk”.

Password Leak Detection
Password Leak Detection

Kita dapat mengaktifkan fitur Password Leak Detection atau kebocoran kata sandi ini di Chrome 78 Canary untuk semua platform termasuk Mac, Windows, Linux, Chrome OS, Android. Kita dapat menemukan fitur pada Chrome 78 Canary dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Kunjungi Chrome://flags/chrome
  2. Cari kata sandi “leak atau kebocoran” untuk fitur eksperimental Password Leak Detection

Setelah kita mengktifkan Password Leak Detection, Browser perlu mengatur ulang dan fitur baru akan tersedia. Untuk Mozilla juga tidak mau kalah, baru-baru ini Mozila juga menambahkan fitur terbaru yang fungsinya sama seperti di Chrome yang dinamai dengan Firefox Monitor yang terintegrasi dengan haveibeenpwned basis data pelanggaran yang memberikan pengguna Mozila tahu apakah alamat email kita disusupi atau tidak jika kita memasukan alamat email kita dikolom pencarian.

Sekian inforamasi dari taubanyak, semoga infomasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya, sekian dan terima kasih.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *