Pengertian Budaya

Pengertian Budayakali ini kita akan membahas arti luas mengenai budaya, pastinya kalian sudah tidak asing dengan kata budaya. disamping yang belum tau pengertian budaya, kali ini saya akan jelaskan sebagai berikut apa itu pengertian budaya.

Pengertian Budaya

Pengertian budaya. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang yang dimiliki bersama oleh suatu klompok atau orang dan turun-temurun dari generasi ke generasi selanjutnya.

Ada beberapa unsur dari terbentuknya budaya, unsur tersebut meliputi : sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni. Budaya merupakan gaya hidup yang menyeluruh dan bersifat kompleks, abstrak dan luas.

Unsur – Unsur Kebudayaan

Budaya pasti memiliki banyak unsur – unsur kebudayaan. Ada beberapa unsur menurut para ahli yang mengemukakan, mengenai komponen atau unsur kebudayaan antara lain sebagai berikut:

  1. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur budaya yang meliputi: sistem norma sosial, organisasi ekonomi, alat-alat dan lembaga dan organisasi kekuatan politik.
  2. C.Kluckhohn mengemukakan 7 unsur yakni: bahasa, sistem pengetahuan, sistem teknologi, kekuasaan politik, relgi, sistem mata pencarian dan sistem kekrabatan.
  3. Mellvie J.Herskovits mengemukakan 4 unsur pokok kebudayaan yang meliputi: alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga dan kekuasaan politik.

Wujud Dan Komponen Budaya

Ada beberapa wujud kebudayaan yang dibagi 3 gagasan yakni: gagasan, aktivitas dan artefak.

Wujud

  1. Gagasan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide gagasan, nilai-nilai, peraturan dan sebagainya yang bersifat abstrak yaitu tidak dapat diraba dan disentuh.
  2. Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan, berpola dari manusi atau masyarakat itu sendiri. Wujud ini sering disebut dengan sistem sosial.
  3. Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perubahan, karya dan  berupa karya benda-benda atau hal yang dapat diraba.

Komponen

  1. Kebudayaan material adalah mengacu pada ciptaan semua masyarakat yang konkret.
  2. Kebudayan nonmaterial adalah ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, Berupa dongeng, cerita rakyat, lagu dan tarian tradisional.
  3. Lembaga sosial merupakan memberikan banyak konteks, berhubungan dan berkomunikasi dalam masyarakat.
  4. Sistem kepercayaan adalah bagaimana masyarakat tersebut mengembangkan dan membangun suatu sistem kepercayaan atau keyakinan.
  5. Bahasa adalah alat pengantar berkomunikasi, setiap bahasa berbeda contohnya disetiap wilayah dan negara, bahasa memiliki perbedaan yang sangat kompleks.
  6. Estetika merupakn berhubungan antara seni dan kesenian seperti musik,  dongeng, drama dan tari-tarian, yang berlaku dan berkembang di masyarakat.

Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala perubahan struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan terjadi sesuai hakikat dan sifat dasar manusia, yang selalu ingin ada perubahan.

Ada 3 faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sosial menurut Hirschman :

  1. Tekanan kerja dalam masyarakat
  2. Keefektifan komunikasi
  3. Perubahan lingkungan alam

Gelobalisasi Budaya

Gelobalisasi Budaya adalah penyebaran gagasan, makna dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu, untuk memperluas dalam hubungan sosial.

Kosumsi budaya bersama turut mendorong pertukaran barang dan klonisasi, yang menyebabkan menyebarna budaya ke seluruh dunia.

Aspek globalisasi budaya yang terlihat jelas adalah seperti percampuran masakan, seperti yang terjadi disalah satu lestoran cepat saji Amerika Serikat.

Pengembangan Budaya adalah suatu proses meningkatkan atau mempertahankan kebiasaan yang sudah ada pada masyarakat itu sendiri. Pengembang budaya dikembangkan secara luas melalui kepentingan transnasional.

Untuk menghadapi globalisasi budaya sedikit lumayan sulit bagi masyarakat itu sendiri, untuk melestarikan budaya lokal mereka sendiri yang menjadi keunikan di wilayahnya.

Pola Pikir Sistem Budaya Indonesia

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk, yang hidup tersebar ditanah air kita tercinta yang memiliki berbagai macam budaya, sehingga mnimbulkan keanekaragaman  insitusi dalam masyarakat.

Insitusi adalah suatu konsep sosiologi yang paling luas digunakan, meskipun memiliki pengertian yang berlainan yang meliputi :

  1. Digunakan untuk merujuk suatu badan, seperti universitas dan perkumpulan.
  2. Organisasi yang khusus atau yang disebut insitusi total, seperti penjara dan rumah sakit.
  3. Suatu pola tingkah laku yang telah menjadi suatu hal yang biasa atau suatu pola relasi sosial, yang memiliki tujuan sosial tertentu.

semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang apa itu pengertian budaya. Terima kasih sudah mengunjungi artikel kami, semoga bermanfa’at.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *