Pengertian Sastra

Pengertian Sastra Apa sih itu sastra? Pada kali ini kami akan membahas secara detail tentang pengertian sastra, setidaknya kalian sudah tau apa itu sastra, nah berikut penjelasan mengenai sastra.

Pengertian Sastra

Sastra merupakan kata sarapan dari bahasa sanskerta, yang berarti teks yang mengandung sebuah intruksi atau pedoman, kita awali dari kata “sas” yang berarti intruksi atau ajaran. Dalam bahasa kita, yaitu bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Pemakaian istilah sastra dan sastrawi, segmentasi sastra lebih mengacu sesuai dengan definisinya sebagai sekedar teks, sedangkan sastrawi lebih mengarah pada sastra yang lebih kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu orang yang menggeluti sastrawi bukan sastra. Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra dapat dibagi menjadi sastra tertulis dan juga sastra lisan (sastra oral).

Disini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu, biasanya sih sastra dibagi menurut daerah maupun geografis atau bahasa. Berikut yang termasuk kedalam kategori sastra, berserta pengertiannya :

  • Novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.
  • Cerpen atau cerita pendek adalah suatu bentuk prosa naratif ataupun fiktif. Cerpen cenderung padat dan langsung pada tujuan’nya dibandingakan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang.
  • Syair adalah slah satu jenis puisi. Kata “syair” berasal dari bahasa arab syu’ur yang berarti perasaan, kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi.
  • Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang masih terkenal sampai saat ini. Pantun yang bermula dari kata petuntun ini pada dasarnya diharapkan dapat menjadi penuntun hidup orang yang mendengar maupun membaca’nya.
  • Drama merupakan jenis karya sastra yang menggambar’kan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambar’kan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan.
  • Kaligrafi adalah seni menulis dengan indah dengan sebuah pena sebagai hiasan.

Pengertian sastra menurut para ahli

  1. Mursal Esten
    Sastra adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia.
  2. Semi
    Sastra adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya merupakan manusia dan kehidupan’nya mengguna’kan bahasa sebagai medium’nya.
  3. Panuti Sudjiman
    Sastra merupakan karya lisan ataupun tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinilan, keindahan dalam isi dan ungkapan’nya.
  4. Ahmad Badrun
    Kesusastraan adalah kegiatan seni yang memperguna’kan bahasa dan garis simbol yang sebagai alat, yang bersifat imajinatif.
  5. Eagleton
    Sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa.
  6. Plato
    Sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladenan alam semesta dan merupakan model kenyata’an.
  7. Aristoteles
    Sastra sebagai kegiatan lain’nya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.
  8.  Robert Scholes
    Tentu saja sastra itu merupakan sebuah kata dan bukan sebuah benda.
  9. Sapardi
    Satra adalah lembaga sosial yang mengguna’kan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan cipta’an sosial dan gambaran kehidupan merupakan suatu kenyataan sosial.
  10. Taum
    Sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat “imajinatif” atau sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna, yang menandakan hal-hal lain.

Fungsi sastra dalam kehidupan manusia

Sastra sungguh berperan penting dalam kehidupan manusia dan sebagai kesenian dalam berbagai bidang rohani atau kejiwaan bagi para pencipta dan penikmatnya. Secara garis besar ada beberpa fungsi sastra, beikut penjelasan’nya :

  • Fungsi Religius
    Ada juga loh karya-karya sastra yang menyentuh kata-kata Tuhan dan keindahan alam semesta sebagai ciptaan maha pencipta. Berarti karya sastra mengandung cinta kasih kepada sesama makhluk hidup di dunia agar tercipta keseimbangan alam. Karya sastra yang berfungsi religius biasanya terdapat pada puisi, pantun, drama, cerpen, novel dan lain sebagainya.
  • Fungsi Moralitas
    Banyak bentuk karya sastra yang mengangkat tentang kebaikan selalu menjadi hal yang mulia dari sebuah kejahatan. Hal ini berfungsi juga sebagai pesan moral kepada setiap manusia agar senantiasa melakukan kebaikan dalam kehidupan, demi terciptanya rasa aman dan pastinya kedamaian.
  • Fungsi Rekreatif
    Karya sastra yang satu ini memang banyak disukai orang karena memiliki manfaat untuk menghibur hati para penikmat ataupun pembaca’nya. Sastra jenis ini biasanya menampilkan kisah atau cerita yang bersifat hiburan. Beberapa karya sastra hiburan diantaranya pada drama, komedi, tari-tarian, konser musik, sandiwara radio dan lain-lain.
  • Fungsi Diduktif
    Sastra ini biasanya memiliki fungsi sebagai diduktif yang berisi tentang karya yang membawa pesan, amanat, saran, kritik, opini dan lainnya. Karya sastra yang memiliki muatan deduktif paling banyak terdapat dalam buku, tulisan esai, artikel-artikel yang ada pada blog, serta pribahasa atau kata-kata bijaksana yang disampaikan melalui televisi atau radio.
  • Fungsi Estetis
    Bentuk karya sastra yang memiliki fungsi estetis memang akan mengutamakan nilai keindahan serta hal-hal lainnya yang membuat hati senang dan pastinya gembira ya sobat. Karya sastra ini diaplikasikan dalam bentuk lukisan, syair-syair pada puisi, dan pastinya alunan lagu dan musik.

Sastra tidak bisa dikelompokan ke dalam aspek keterampilan berbahasa, dikarenakan bukan merupakan bidang yang sejenis. Walaupun demikian, pembelajaran sastra dilaksanakan secara terintegrasi dengan pembelajaran bahasa baik dengan keterampilan menulis, membaca, menyimak dan pastinya berbicara sastra.

Nah semoga dapat bermanfaat bagi kita, tentang pengertian sastra, sekian dan terima kasih sudah mengunjungi artikel kami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *