USB 4 Dirilis – Sekarang Kita dapat Mentransfer Data Dengan Kecepatan 40 Gbps

USB 4 Dirilis – Sekarang Kita dapat Mentransfer Data Dengan Kecepatan 40 Gbps USB Implementers Forum mengumumkan USB 4 yang beroprasi melalui konektor USB Type-C dan mapu memberikan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Untuk Arsitektur USB 4 dibangun berdasarkan spesifikasi protokol Thunderbolt Intel karena mempekenalkan protokol dasar yang baru, yang kompatibel dengan host USB 2.0, USB 3.0 dan Thunderbolt 3.

Ada berapa perbaikan pada USB 4?

Untuk perbaikan sendiri terdapat 3 perbaikan utama pada USB 4, yang meliputi :
• Alokasi sumber daya yang ditingkatkan
• Kecepatan Maksimum hingga 40 Gbps
• Kompatibiitas Universal dengan perangkat Thunderbolt 3

Untuk kecepatan maksimum pada USB 4 yang telah menggandakan kecepatan transfer data pada USB 3.2 yang ada, untuk kecepatan USB 3.2 maksimum’nya adalah 20 Gbps, sedangkan untuk USB 4 ini kecepatannya dapat mencapai hingga 40 Gbps.

Apa perdaan USB 4 dan USB 3.2 yang sama-sama ber Type-C?

Untuk perbedaan USB 4 dan USB 3.2 adalah arsitektur tunneling yang berorientasi yang dirancang untuk menggambungkan beberapa protokol ke-antar muka fisik tunggal, sehingga kecepatan total dan kinerja Fabric USB 4 dapat dibagi secara dinamis.

Kompatibilitas dengan Perangkat Thunderbolt 3

Port USB 4 Kompatibel dengan Thunderbolt 3, Thunderbolt sendiri merupakan setandar Intel dan kita tidak akan menemukanya pada motherboard lain. Dari Intel sendiri telah menyediakan Thunderbolt 3 secara gratis. Jadi sekarang dengan perangkat USB 4 kita tidak perlu lagi royaliti untuk Intel.

Alokasi Sumber Daya yang Ditingkatkan

Alokasi sumber daya dapat secara dinamis menyesuaikan sumber daya yang tersedia jika video dan data tranfer dalam koneksi yang sama. USB 4 juga menghadirkan peningkatan dengan ekstensi pengiriman daya USB (USB-PD) dan juga dapat mendukng pengisisan daya hingga 100 Watt.

Kapan Akan Tersedia?

Untuk sepsifikasi perangkat USB 4 akan teredia pada tahun 2020.

Sekian dari tau banyak, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua yang sudah membacanya, Terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *